Breaking News:

Garap Bisnis Pemakaman Muslim, Al Azhar Memorial Garden Siapkan Lahan 25 Ha

Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar kini mengelola kompleks pemakaman Al-Azhar Memorial Garden di atas lahan seluas 25 ha di Karawang Timur.

DOK.YAYASAN PESANTREN AL AZHAR
Sudut kompleks pemakaman muslim Al-Azhar Memorial Garden di Karawang Timur, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bisnis lahan pemakaman kini digeluti sejumlah pengembang di timur Jakarta.

Selain ada San Diego Hills yang dikelola grup Lippo, pemain lainnya yang menggarap usaha penyediaan pemakaman ini adalah Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar.

Yayasan ini kini mengelola kompleks pemakaman Al-Azhar Memorial Garden di atas lahan seluas 25 ha di Karawang Timur, Jawa Barat.

Sebagaimana di San Diego Hills, pemakaman di sini dirancang nyaman untuk para keluarga dan handai taulan yang berniat berziarah.

Pengelola merancangnya menjadi area pemakaman yang dilengkapi dengan walkaway sehingga saat keluarga akan berziarah ke makan kerabat yang meninggal mudah menemukan lokasi makam yang dituju.

Baca: IHSG Diprediksi Melemah Lagi ke Level 4.226

Jauh dari kesan seram, kompleks pemakaman yang berlokasi di sisi jalan Tol Jakarta Cikampek ini juga memiliki pemandangan cukup indah dengan bunga-bunga dan rumput hijau yang terawat.

Di beberapa sudut terdapat gazebo untuk berteduh.

Baca: Toyota Resmi Kenalkan Prius PHEV Berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle

“Ini tempat pemakaman terindah,” klaim Dr. Shobahussurur, MA, salah satu pengurus Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar yang dipercaya mengelola taman pemakaman Islam ini.

Dia menjelaskan, Al-Azhar Memorial Garden yang bisa menampung sekitar 29.000 ribu jenazah muslim.

Dr. Shobahussurur menjelaskan, dengan kontur lahan yang datar, area pemakaman inijadi bebas dari ancaman banjir.
“Kawasan pemakaman kami berada di atas lahan yang datar, tidak berbukit dengan sistem drainase yang berjalan baik,” tuturnya.

Dia menjelaskan, Al-Azhar Memorial Garden membawa konsep pemakaman sebagaibagian dari taman. Karena itu pihaknya melengkapinya dengan gedung serbaguna, gazebo, dan pohon rindang dan tanaman bunga.

Dr. Shobahussurur memaparkan, sebagai pengelola kompleks pemakaman yang terintegrasi, pihaknya juga mengelola gedung pemulasaraan untuk memudahkan pengurusan jenazah bagi keluarga yang anggota keluarganya meninggal untuk kebutuhan memandikan, mengkafani dan mensholatkan hingga prosesi pemakaman di Al Azhar Memorial Garden.

Dia menjelaskan, kehadiran Al-Azhar Memorial Garden memang bertujuan untuk memberikan pilihan bagi umat Islam untuk dapat dikuburkan di pemakaman muslim sesuai syariat Islam. "Adanya walkway di depan setiap makam, maka makam tidak terinjak, terlangkahi dan terduduki peziarah," tuturnya.

Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden dibangun sejak 2011. Akses menuju pemakaman ini adalah dari jalan tol Jakarta-Cikampek, keluar di Tol Karawang Timur

Berita Populer
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved