Chilibeli Raih Pendanaan 10 Juta Dollar untuk Genjot Jumlah Mitra

Chilibeli menghubungkan petani dan pemasok dengan setiap rumah tangga guna mengirimkan produk segar bermutu dengan harga terjangkau.

DOK. Chilibeli
Chilibeli, platform e-commerce berbasis komunitas petani dan pemasok dengan konsumen, berhasil meraih pendanaan sebesar 10 juta dolar AS dari sejumlah investor global yang dipimpin Lightspeed Ventures. 


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAChilibeli, platform e-commerce berbasis komunitas petani dan pemasok dengan konsumen, berhasil meraih pendanaan sebesar 10 juta dolar AS.

Bertindak sebagai lead arranger dalam pendanaan  ini adalah Lightspeed Ventures dengan partisipasi dari investor terkemuka seperti Golden Gate Ventures, Surge (program peningkatan skala dari Sequoia Capital India), Kinesys Group, serta Alto Partners.

Didirikan pada bulan Juli 2019 oleh para pendiri Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li, platform Chilibeli menghubungkan petani dan pemasok dengan setiap rumah tangga guna mengirimkan produk segar bermutu dengan harga terjangkau.

Platform ini memperkenalkan era baru pengalaman belanja kebutuhan pangan pokok – dengan penajaman fokus pada kenyamanan, keamanan, dan kualitas.

Chilibeli memberdayakan agen yang disebut sebagai Mitra Chilibeli, yang sebagian besar terdiri dari para ibu rumah tangga, dan memberikan mereka kesempatan menciptakan nilai lebih bagi konsumen, mendorong tali silaturahmi dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Sejak didirikan, kinerja Chilibeli tumbuh 150 persen setiap bulan, serta menciptakan 300 lapangan pekerjaan langsung dan ribuan lapangan pekerjaan tak langsung bagi para mitranya di Indonesia.

Baca: Bahan Alami Curcumin Berkhasiat Tingkatkan Imunitas Tubuh, Tapi Bukan Obat untuk Covid-19

“Ketika Alex, Damon, dan Matt bertemu kami dengan membawa ide awal mula Chilibeli, kami tertarik dengan konsep distribusi produk kebutuhan rumah tangga dengan pemanfaatan mitra aktif, dengan cara yang nyaman dan terjangkau," ujar  Justin Hall, dari Golden Gate Ventures.

Baca: Avanza Kuasai 38 Persen Pangsa Pasar Low MPV di Januari - Februari 2020

Dia menyatakan, dalam banyak hal, Chilibeli mengilhami suatu gagasan yang belum pernah berhasil dimanfaatkan oleh platform belanja online lain, yaitu lingkaran sosial komunitas terpercaya. 

Justin menyatakan, dengan membangun platform teknologi yang melibatkan langsung jaringan komunitas masyarakat di Indonesia, mereka mampu membuka peluang dan cara yang inovatif untuk berbelanja, berkolaborasi dan berpenghasilan secara mandiri.

Alex Feng, CEO, Chilibeli, mengatakan, dana yang didapat akan digunakan untuk memperkuat jaringan komunitas Jakarta, Tangerang Selatan dan Depok, sekaligus untuk memperluas jangkauan kami selanjutnya.

"Kami juga terus meningkatkan UI dan UX aplikasi kami, serta memajukan fasilitas gudang di Depok," kata dia.

Alex menyatakan, masuknya dukungan pendanaan ini menjadikan Chilibeli sebagai perusahaan startup Seri-A hanya dalam kurun waktu 7 bulan setelah berdiri, dan menjadi salah satu startup Asia Tenggara dengan pertumbuhan tercepat.

Akshay Bhushan, Partner, Lightspeed Venture Partners, menyebutkan, perusahaannya selama ini berpengalaman berinvestasi di platform sosial dan e-commerce platform di India, China dan AS seperti Pinduoduo, Udaan, Snapchat, dan Sharechat, yang nilainya sudah mencapai miliaran dollar.

Berita Populer
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved