Ikut Berduka Cita, Dirjen ILMATE Kemenperin Harjanto Meninggal Dunia

Harjanto meninggal pada Senin 23 Maret 2020 malam pukul 21.30 WIB. Jenazah almarhum sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggon, Jakarta.

Ikut Berduka Cita, Dirjen ILMATE Kemenperin Harjanto Meninggal Dunia
ISTIMEWA
Dirjen ILMATE Kemenperin Harjanto (kedua kiri), Utusan Khusus Presiden untuk Jepang Rachmat Gobel (kedua kanan), Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Energy Indonesia (PECGI) Kenichi Kudara (kanan), Komisaris Utama PECGI Abdullah Gobel (tengah) dan Direktur Bisnis Energi Panasonic Corporation Jepang Tadanobu Kazuo (kiri) berbincang bersama usai acara peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Baterai Lithium Panasonic, di Cibitung, Jawa Barat, Jumat (20/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar duka datang dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Dirjen ILMATE) Harjant meninggal dunia pada Senin 23 Maret 2020 malam pukul 21.30 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Jenazah almarhum sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggon, Jakarta.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan merasa kehilangan dengan kepergian almarhum.

"Almarhum merupakan sosok pekerja keras dan sangat disiplin, mari kita doakan bersama dan semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi tuhan," ucap Agus, Selasa (24/3/2020).

Ia menambahkan, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan menerima kepergian almarhum.

Baca: Penumpang MRT Turun dari 100 Ribu Jadi 22 Ribu per Hari Akibat Corona

“Selama ini saya mengenal almarhum, sebagai orang yang baik, cerdas, dan rendah hati. Saya juga mengapresiasi terhadap pengabdiannya di Kemenperin,” ujar Agus.

Almarhumm Dirjen ILMATE Harjanto, diketahui lahir di Bandung 21 Juni 1961, yang mengawali karirnya di Kemenperin sejak 1987.

Baca: Cerita Tentang Sidang Skripsi Ditunda Setelah Pegawai Kampus Positif Terinfeksi Virus Corona

Beliau juga memiliki riwayat jabatan cukup gemilang, dengan pernah menjadi Atase Perindustrian pada Kedutaan Besar Republik Indonsia di Brussel.

Almarhum kemudian Direktur Kerja Sama Industri Interasional Wilayah I dan Multilateral, dan posisinya naik sebagai Dirjen Basis Industri Manufaktur pada tahun 2014.

Baca: Bill Gates: Virus Corona Patogen yang Muncul Sekali dalam Satu Abad

Almarhum juga sempat menduduki jabatan sebagai Dirjen Indutri Kimia, Tekstil dan Aneka tahun 2015, Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional tahun 2016, serta terakhir Dirjen ILMATE sejak tahun 2017.

Melalui pengabdiannya tersebut, almarhum telah mendapat penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun (pada 2016) dan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun (2018).

kemduian almarhum Diren ILMATE merupakan lulusan Sarjana Teknik Metalurgi Universitas Indonesia tahun 1986 dan meraih gelar Magister Mechinical Engineering dari KEIO University, Jepang tahun 1992.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved