Virus Corona

Komitmen Mandiri untuk Dukung Sektor UMKM saat Krisis Melanda

Mandiri mengaku akan tetap mendukung sektor UMKM di tengah krisis akibat mewabahnya virus corona (Covid-19).

Komitmen Mandiri untuk Dukung Sektor UMKM saat Krisis Melanda
Bank Mandiri

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengaku akan tetap mendukung sektor UMKM di tengah krisis akibat mewabahnya virus corona (Covid-19).

Dukungan tersebut diberikan BMRI melalui penerapan sejumlah kebijakan khusus.

Seperti relaksasi dalam pembayaran angsuran maupun perpanjangan jangka waktu pinjaman bagi pelaku UMKM yang terdampak corona, termasuk penyesuaian suku bunga.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan penerapan kebijakan ini akan dilakukan, namun dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian bank.

Selain itu juga mengacu pada kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Corona.

Pada Februari 2020, Bank Mandiri sendiri telah memiliki portofolio kredit segmen UMKM sebesar Rp 103 triliun.

Angka ini tumbuh 10,9 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Hery menjelaskan bahwa BMRI memahami situasi sulit tengah dialami para debitur UMKM akibat mewabahnya virus ini, sehingga pihaknya menyiapkan beberapa solusi.

"Kami menyadari saat ini kondisi bisnis pelaku UMKM sedang menghadapi masa sulit, karena terdampak virus Covid-19. Untuk itu, kami berusaha mencari solusi untuk memastikan debitur UMKM kami bisa melalui masa yang sangat sulit ini," ujar Hery, di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Ia pun kemudian menyebutkan beberapa solusi yang disiapkan untuk eksisting debitur.

"Kami menyiapkan relaksasi proses restrukturisasi kredit, salah satunya dengan melakukan restrukturisasi lebih awal kepada debitur yang membutuhkan," jelas Hery.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved