Virus Corona

Papua Tutup Total Akses Pelabuhan Penumpang, Antisipasi Wabah Corona Meluas

Penutupan akses pelabuhan ini melalui kesepakatan bersama, yang dilakukanPemerintah Provinsi Papua dan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Papua Tutup Total Akses Pelabuhan Penumpang, Antisipasi Wabah Corona Meluas
PESONA TRAVEL
Pelabuhan Sorong di Papua Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan menutup akses masuk pelabuhan di wilayah Papua mulai 26 Maret.

Penutupan akses pelabuhan ini melalui kesepakatan bersama, yang dilakukanPemerintah Provinsi Papua, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, serta seluruh stakeholder terkait.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, Ferra J. Alfaris, mengatakan hal ini untuk melakukan pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan wabah Covid-19.

"Salah satu pencegahan ini, dengan melakukan penutupan pelabuhan khusus penumpang mulai berlaku tanggal 26 Maret sampai dengan 9 April 2020," ujar Ferra, Kamis (26/3/2020).

Baca: Cegah Corona Masuk Sumbar, Bus PO MPM Berhenti Beroperasi, Uang Tiket Dikembalikan

Ia menambahkan, prinsip penutupan pelabuhan untuk penumpang ini tentunya dengan melaksanakan kesepakatan bersama yang penuh rasa tanggung jawab, serta terus melaporkan perkembangan kondisi di lapangan secara berkala kepada kantor pusat Ditjen Perhubungan Laut.

Baca: Di Kota Padang, Bule Dicegah Masuk Pasar Tradisional demi Waspadai Pandemi Corona

"Penutupan akses masuk melalui pelabuhan ini dilakukan, karena akan adanya test medis terkait Covid-19 untuk memastikan status medis setiap orang di wilayah Provinsi Papua," tutur Ferra.

Ferra juga mengingatkan kepada masyarakat yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Papua, untuk menunda rencana tersebut.

"Untuk menekan penyebaran virus corona lebih baik saat ini masyarakat mulai membatasi diri untuk tidak melakukan pertemuan, atau menghadiri pertemuan yang kurang penting, dan menjaga jarak saat berkomunikasi," kata Ferra.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved