Breaking News:

Virus Corona

264.719 Tiket Perjalanan KA Telah Dibatalkan

PT Kereta Api Indonesia (KAI), mencatat, hingga 23 Maret 2020 sebanyak 264.719 tiket perjalan Kereta Api

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi: Warga antre untuk mudik menggunakan Kereta Api Brantas (Blitar-Pasar Senen) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (29/3/2020). KAI Daop 1 membatalkan sejumlah 28 perjalanan kereta api jarak jauh guna membantu pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnes.com , Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI), mencatat, hingga 23 Maret 2020 sebanyak 264.719 tiket perjalan Kereta Api (KA) ke berbagai tujuan telah dibatalkan oleh penumpang.

VP Public Relations KAI, Yuskal Setiawan, mengatakan peningkatan pembatalan ini terjadi semenjak KAI memberlakukan kebijakan pengembalian bea tiket 100 persen.

"Peningkatan jumlah pembatalan ini 12 kali lipat dibandingkan hari biasanya, yang hanya sebanyak 3 ribu pembatalan tiket per hari," Yuskal dalam keterangannya, Senin (30/3/2020).

Ia menambahkan, kebijakan pengembalian bea tiket 100 persen ini berlaku sejak 23 Maret untuk perjalanan KA dalam kurun waktu 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

Baca: Terapkan Sistem Pysical Distancing, Supermarket Ini Batasi Pengunjungnya

Baca: RSU Adhyaksa Terima Bantuan APD dari Kementerian BUMN

Baca: Kandang Arema FC Stadion Kanjuruhan Jadi Tempat Karantina Warga yang Datang ke Malang

"Kebijakan ini bertujuan untuk mendukung arahan pemerintah dalam mengurangi mobilitas masyarakat," ujar Yuskal.

"Sejak dibuka 23 Maret, rata-rata pembatalan tiket per harinya mencapai 36 ribu tiket," lanjut Yuskal.

Yuskal menyebutkan, sebanyak 44 persen tiket yang dibatalkan melalui prosws aplikasi KAI Access dan sisanya secara manual di loket stasiun.

"Sementara stasiun yang paling banyak melakukan pembatalan yaitu Stasiun Pasar Senen dengan total pembatalan tiket sebanyak 18.137 tiket, Stasiun Gambir sebanyak 12.874 tiket, dan Stasiun Bekasi sebanyak 8.979 tiket," ujar Yuskal.

Adapun KA yang banyak dibatalkan oleh penumpang adalah KA Bengawan (Pasar Senen–Purwosari pp), Brantas (Pasar Senen–Blitar pp), Matarmaja (Pasar Senen–Malang pp), Dharmawangsa (Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi pp), dan KA Progo (Pasar Senen–Lempuyangan pp).

"Kami juga mengimbau kepada penumpang, agar membatalkan tiket melalui aplikasi KAI Access karwna lebih mudah dan tidak perlu keluar rumah," ucap Yuskal.

Yuskal juga menyebutkan, tiket yang akan dibatalkan penumpang di KAI Access harus memiliki nama dan nomor identitas yang sama dengan data userdi KAI Access.

"Tiket yang dibeli dari channel eksternal juga dapat dibatakan via KAI Access, dan dana pengembalian akan ditransfer ke rekening penumpang dalam waktu kurun waktu 30 hingga 45 hari kerja," kata Yuskal.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved