Virus Corona

Pertamina Percepat Progres Persiapan Rumah Sakit Darurat dan Rujukan Covid-19

Pertamina (Persero) mempercepat progres persiapan fasilitas Rumah Sakit Darurat khusus penanganan Covid-19.

ist
Pertamina persiapkan fasilitas Rumah Sakit Darurat khusus penanganan Covid-19 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mempercepat progres persiapan fasilitas Rumah Sakit Darurat khusus penanganan Covid-19.

Rumah Sakit Darurat itu dipusatkan di Hotel Patra Jasa Jakarta dan menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jakarta (RSPJ) sebagai rumah sakit khusus rujukan pasien Covid-19.

Pertamina juga menyediakan sekitar 700 tenaga medis dan tenaga pendukung baik melalui rekrutmen baru maupun mendayagunakan SDM yang ada di RSPJ.

Baca: Polisi Tangkap 5 Orang Diduga Aniaya Hari Hingga Tewas dalam Aksi Tawuran di Condet

Baca: PAN: Prioritaskan Anggaran Stimulus Untuk Atasi Pandemi dan Jaminan Sosial

Direktur SDM Pertamina Koeshartanto menyatakan penyiapan Rumah Sakit Darurat dan Rumah Sakit Rujukan merupakan bagian dari peran Pertamina sebagai BUMN dalam membantu menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah.

“Pertamina menyediakan dua asset Pertamina yakni RS Pertamina Jaya (RSPJ) dan Hotel Patra Comfort, yang letaknya persis bersebelahan di daerah Jakarta Pusat untuk dialihfungsikan menjadi RS Khusus untuk penanganan pasien Covid-19,” ujar Koeshartanto dalam keterangan Selasa (7/4/2020).

Selama 3 pekan pengerjaan sarana rumah sakit darurat dan rumah sakit rujukan, saat ini progres sudah mencapai sekitar 90 persen.

“SDM juga sudah kita siapkan 700 lebih tenaga medis dan tenaga pendukung yang telah diproses melalui rekrutmen dan juga mendayagunakan SDM yang ada di RSPJ,” imbuh Koeshartanto.

Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan 52 kamar hotel untuk akomodasi para tenaga medis.

Direktur Utama IHC Dr Fathema menambahkan bahwa saat ini disiapkan juga bangunan ruang rawat 90 bed modular di arena hotel Patra Jasa.

Rehab dilakukan untuk ruang tempat tidur setingkat intensive Care Unit (ICU) dan Non ICU, laboratorium diagnostic, radiologi serta ruang IGD serta fasilitas pendukung lainnya di RSPJ.

“Perbaikan area lantai 2 dan 3 sebanyak 48 ruang di RSPJ meliputi pekerjaan arsitektur, plumbing, gas medis, elektrikal, elektronik dan pengadaan instalasi AHU,” paparnya.

Seluruh ruang kamar di RSPJ akan difungsikan khusus untuk menangani pasien Covid-19.

Pertamina menyiapkan sebanyak 65 kamar isolasi dengan Negative Pressure untuk merawat pasien yang positif Covid-19.

Fasilitas kesehatan yang disiapkan baik di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Hotel Patra Jasa dan RSPJ mengikuti standar yang ditetapkan WHO.

Khusus untuk laboratorium, sudah siap alat test dari Roche yang mampu melakukan test 1.400 sampel setiap harinya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved