Virus Corona

Gubernur BI: Kondisi Global Berangsur Membaik

Masih ada penyebaran Covid-19, kondisi global rupanya berangsur-angsur membaik, meski ketidakpastian masih relatif tinggi.

Yanuar Riezqi Yovanda
Gubernur BI Perry Warjiyo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masih ada penyebaran Covid-19, kondisi global rupanya berangsur-angsur membaik, meski ketidakpastian masih relatif tinggi.

Menurut Bank Indonesia (BI), perbaikan kondisi global ini tercermin dari indeks volatilitas pasar keuangan atau Volatility Index (VIX) yang berada di level 18,8 atau membaik setelah sempat menyentuh level tertinggi, yaitu 82.

"Waktu itu memang karena sempat ada kepanikan di pasar keuangan global, khususnya di minggu kedua dan ketiga Maret 2020," jelas Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (9/4) lewat video conference.

Penurunan VIX ini didapuk Perry tak lepas dari langkah-langkah kebijakan pelonggaran yang diberikan oleh bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) dan serta stimulus-stimulus yang dikucurkan oleh negara adidaya tersebut dan negara-negara lainnya.

Selain itu, ini juga disebabkan oleh tingkat kenaikan kasus positif Covid-19 di bebera[a negara yang berangsur-angsur menurun, baik itu di Italia maupun di berbagai negara lain, meski jumlah penderita masih tinggi.

"Jadi ini menimbulkan kepercayaan karena menunjukkan bahwa langkah-langkah penanganan Covid-19 di berbagai negara tersebut serius dan mampu menanggulangi percepatan penyebaran," tambah Perry.

Melihat hal itu, Perry juga mengajak agar Indonesia bisa lebih kuat lagi dalam mengurangi penyebaran Covid-19. Ia pun mengapresiasi langkah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang telah ditetapkan pemerintah.

"Tentu saja adanya kebijakan ini mampu mengurangi kecepatan kenaikan dari Covid-19 ini sehingga mengurangi dampak negatifnya baik dari sisi ekonomi, masyarakata, dan kemanusiaan," tandasnya.

Berita Ini Sudah Tayang di KONTAN, dengan judul: Gubernur BI nilai kondisi global berangsur membaik

Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved