Breaking News:

Harga Lagi Anjlok! Ini Daftar Saham Berkapitalisasi Besar Rekomendasi Analis dan Layak Dikoleksi

Saham ASII masuk dalam daftar 5 saham big cap yang mencatatkan penurunan terdalam sejak awal tahun.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3/2020). 

Laporan Reporter: Ika Puspitasari 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tren penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih terus terjadi belakangan ini. Data menunjukkan, IHSG merosot hingga 26,56 persen dari awal tahun.

Penurunan IHSG masih berlanjut hingga hari ini, IHSG ditutup melemah 151,94 poin atau 3,18% ke posisi 4.626,69 pada penutupan perdagangan Rabu (8/4/2020).

Menyusutnya IHSG turut menggerus nilai kapitalisasi pasar (market cap) para emiten, tak terkecuali saham-saham dengan kapitalisasi pasar terbesar yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kepala Riset FAC Sekuritas Indonesia Wisnu Prambudi Wibowo mengatakan, banyak faktor yang menjadi sebab menurunnya harga saham.

Faktor utama penyusutan ini terjadi disebabkan multiplayer effect dari adanya pandemi Covid-19, yang memperlambat aktivitas ekonomi.

Baca: Penjelasan Lengkap Gubernur Anies Tentang PSBB Jakarta, Berlaku Mulai Jumat, 10 April

Ia mengambil contoh PT Astra International Tbk (ASII) yang mengalami penurunan cukup signifikan sejalan dengan proyeksi penjualan kendaraan bermotor untuk 2020 bakal lesu.

Baca: Ekonom: Ojol Bantu Efektifkan Pelaksanaan PSBB

Penurunan penjualan tersebut disebabkan adanya perubahan pola konsumsi masyarakat yang saat ini lebih fokus memenuhi kebutuhan primernya ketimbang kebutuhan sekunder seperti membeli sepeda motor, mobil, televisi, dan lainnya.

Dari awal tahun, saham ASII terjun bebas hingga 44,40% ke level 3.850.

Hal ini diikuti market cap ASII yang turun 44,33% dari awal tahun senilai Rp 280 triliun menjadi Rp 155,86 triliun pada Rabu (8/4).

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved