Breaking News:

Virus Corona

Penuhi Kebutuhan Konsumen untuk Makanan Segar di Masa Pandemi Corona

Pandemi corona (Covid-19) membuat layanan belanja online menjadi pilihan konsumen untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

freepik.com/ poringdown
Sayuran yang bisa ditanam berdekatan dan yang harus ditanam berjauhan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Eko Sutriyanto

TRIBNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah hampir 3 bulan pandemi coronavirus dampaknya dirasakan banyak negara, termasuk Indonesia.

Beberapa sekolah pun melakukan metode belajar dari rumah selama beberapa bulan, para karyawan diimbau untuk bekerja dari rumah, dan pemerintah pun mulai membuat peraturan tentang mudik dan pulang kampung saat musim lebaran.

Pandemi corona (Covid-19) membuat layanan belanja online menjadi pilihan konsumen untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Pembelanjan online (e-commerce) turut menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Imbauan pemerintah untuk tetap di rumah dan melakukan aktivitas dari rumah menjadikan tren konsumen mulai berubah ke “new normal”.

Pedagang sayuran melihat himbauan Belanja Dari Rumah Aja di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (12/4/2020). Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh Pemprov DKI menghimbau agar masyarakat membeli kebutuhan bahan pokok seperti sayuran dan buah via online. Tribunnews/Jeprima
Pedagang sayuran melihat himbauan Belanja Dari Rumah Aja di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (12/4/2020). Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh Pemprov DKI menghimbau agar masyarakat membeli kebutuhan bahan pokok seperti sayuran dan buah via online. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Perubahan pola konsumen jadi tantangan tersendiri, terutama produk fresh seperti daging, bakso, dan susu yang tidak menggunakan bahan pengawet serta harus disimpan dalam keadaan frozen dan chill supaya tetap sampai dalam keadaan dingin dan kondisi terbaik ke konsumen.

Kesegaran dan karakter produk yang sensitif terhadap suhu menjadi tantangan tersendiri dalam distribusi penjualan online.

Anjani Miranti Putri, Marketing Manager PT Great Giant Livestock mengatakan, menggarap konsumen modern dan masuk ke ranah bisnis digital menuntut perusahaan dengan produk segar seperti Great Giant Foods untuk terus melakukan inovasi mengikuti tren yang terjadi.

Baca: Sampoerna Pastikan Produknya Tetap Aman Meski 34 Karyawan Terpapar Covid-19

"Terutama persiapan strategi perubahan pola konsumen menuju “new normal” karena sekarang konsumen banyak menikmati masak di rumah," katanya di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

PT Great Giant Livestock di bawah naungan Great Giant Foods melalui produknya Susu Segar Hometown Dairy dan Daging Sapi Bonanza Beef.

Anjani mengatakan, memasuki e-commerce dapat membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk segar bernutrisi, dapat terus bersaing dan eksis di pasaran.

Direktur Komersial PT Great Giant Livestock, Dayu Ariasintawati mengatakan, pihaknya mulai menangkap peluang e-commerce dan pandemi ini menjadi drive untuk terus tumbuh dan mengupayakan konsumen mendapat produk dalam keadaan baik sesuai dengan misi perusahaan.

Pengemudi ojek online mengambil pesanan sembako di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (12/4/2020). Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh Pemprov DKI menghimbau agar masyarakat membeli kebutuhan bahan pokok seperti sayuran dan buah via online. Tribunnews/Jeprima
Pengemudi ojek online mengambil pesanan sembako di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (12/4/2020). Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh Pemprov DKI menghimbau agar masyarakat membeli kebutuhan bahan pokok seperti sayuran dan buah via online. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

"Saat ini belanja via online menjadi trend perkembangan yang cukup meningkat dan perlu dipastikan produk mudah ditemukan di platform ecommerce, seperti tokopedia dan shopee," katanya.

Dengan adanya produk makanan seperti susu segar, daging sapi, dan bakso diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen agar tetap terjaga sistem imun, tetap ternutrisi meskipun selama #dirumahaja, sambil menikmati pengalaman masak di rumah dengan keluarga.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved