Breaking News:

Timur Tengah Beli 38,4 Ton Biji Kopi Robusta Produksi Temanggung

Setelah ini, sebanyak 96 ton biji kopi Temanggung juga akan menyusul dikirimkan setelah Idul Fitri ke Alexandria.

TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI
Petani kopi Imam Sarjidin menunjukkan kopi robusta Gondoarum di kebun miliknya di Desa Binangun, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 38,4 ton biji kopi robusta asal Temanggung, Jawa Tengah, kini diserap pasar Timur Tengah.

Diandra Rauch, pimpinan PT Madalle menyampaikan, biji kopi produksinya telah dikapalkan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, untuk tujuan Alexandria, Mesir, pada akhir April lalu.

"Produksi kopi Temanggung cukup tersedia di kelompok-kelompok tani binaan Dwi Suratno Hadi. Ke depannya kami juga sedang mempersiapkan permintaan ekspor Arabica Specialty dari sentra kopi Temanggung, Gayo dan Ruteng dengan tujuan Jeddah, Saudi Arabia," papar Diandra, Senin (11/5/2020).

Diandara mengatakan, setelah ini, sebanyak 96 ton biji kopi Temanggung juga akan menyusul dikirimkan setelah Idul Fitri ke Alexandria.

Baca: THR untuk Pegawai Negeri Sipil Cair Jumat Pekan Ini

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian, Dedi Junedi mencatat hampir semua komoditas perkebunan mengalami penurunan kinerja, termasuk di sub sektor perkebunan biji kopi.

Baca: BI Klaim Sudah Injeksi Likuiditas Rp 503,8 Triliun untuk Pandemi Corona

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah memaksa sebagian besar negara tujuan ekspor produk kopi Indonesia menerapkan pembatasan arus barang, untuk mengurangi risiko penularan virus corona.

Baca: Hikmah Pandemi Corona di Mata Natasha Rizky: Bisa 24 Jam Full Jalani Peran Istri dan Juga Ibu

Namun, ekspor biji kopi Temanggung ini menjadi kabar bagus bagi Indonesia.

"Kami terus melakukan komunikasi intensif terutama para pelaku usaha atau eksportir perkebunan dan dengan KBRI setempat melalui Atase Perdagangan dalam mengidentifikasi pasar-pasar mana yang masih memungkinkan untuk dimasuki produk ekspor kopi Indonesia," papar Dedi.

Saat ini, lanjut Dedi, ekspor komoditas kopi Indonesia didominasi oleh Amerika Serikat, Malaysia dan Italia dengan kontribusi 36,5 persen terhadap total volume ekspor kopi Indonesia tahun 2019.

Sedangkan ekspor kopi Indonesia ke Mesir juga cukup tinggi, yaitu sebesar 34.287 ton atau berkontribusi 9,5 persen terhadap total volume ekspor kopi Indonesia tahun 2019.

Berdasarkan Data BPS Perkebunan diketahui hingga bulan Februari 2020 tercatat ekspor kopi Indonesia sebesar 55.989 ton, dengan nilai ekspor mencapai USD 136,75 juta.

Khusus pasar Mesir, ekspor kopi Indonesia sebesar 7.273 ton dengan nilai ekspor mencapai USD 12,62 juta.

Berita Populer
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved