Breaking News:

Virus Corona

Kadin: 6,4 Juta Pekerja Terkena PHK dan Dirumahkan, Imbas Covid-19

Menurut Ketua Kadin Rosan P Roslani, jumlah pekerja yang dirumahkan mencapai sekitar 90% dan yang di-PHK ada sekitar 10%.

Reynas Abdila/Tribunnews.com
Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani 

Laporan Reporter Lidya Yuniartha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 6,4 juta pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan yang dirumahkan akibat Covid-19.

"Mungkin angka dari Kementerian Ketenagakerjaan  masih di level 2 juta orang. Angka ini kami dapat dari asosiasi yang memberikan laporan secara berkala," ujar Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani dalam rapat dengar pendapat umum dengan DPR, Selasa (9/6/2020).

Menurut Rosan, jumlah pekerja yang dirumahkan mencapai sekitar 90% dan yang di-PHK ada sekitar 10%.

"Yang dirumahkan ini 90% dan di-PHK 10%. Itu rata-ratanya. Kalau yang di-PHK ini kan ada konsekuensi bayar pesangon, nah mereka tidak dalam posisi untuk mampu membayar pesangon," tambah Rosan.

Baca: Bank Mandiri Perkirakan Tiga Sektor Ini Sulit Bangkit Jika Pandemi Covid-19 Selesai

Asosiasi yang melapor pun bermacam-macam. Misalnya dari asosiasi perhotelan. Dari data yang diterima Kadin, sudah ada sekitar 2.000 hotel yang tutup dan sudah melapor.

Dari hotel yang ditutup tersebut sudah ada kurang lebih 430.000 pekerja yang terdampak.

Baca: Kemenhub Ubah Kapasitas Angkut Penumpang Pesawat Jadi 70 Persen

Selanjutnya, dari Organisasi Angkutan Darat (Organda). Dari laporannya ada sekitar 1,4 juta pekerja yang dirumahkan atau yang di-PHK.

Ada pula dari asosiasi tekstil yang menyampaikan ada 2,1 juta pekerja yang terdampak, dari industri alas kaki sudah hampir 500.000 orang, dan masih ada lagi di asosiasi-asosiasi yang berhubungan dengan elektronik dan lainnya.

Baca: Tujuh Terminal Bus di Jabodetabek Kembali Layani Pemberangkatan Armada AKAP dan AKDP

Melihat keadaan ini, maka kondisi perekonomian di kuartal II 2020 akan lebih berat, dimana akan ada pertambahan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi yang bisa masuk level minus.

Rosan berpendapat, kemudahan berusaha dan investasi akan sangat penting setelah pandemi Covid-19 ini berakhir.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Kadin sebut sudah ada 6,4 juta pekerja yang di-PHK dan dirumahkan akibat Covid-19 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved