Breaking News:

Pemerintah Targetkan 2 Juta UMKM Manfaatkan Platform Online di Akhir 2020

Luhut mengatakan, 80 persen ekonomi nasional ditopang antara lain oleh kontribusi para pelaku UMKM.

TRIBUN/HO
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah mendorong transformasi dari UMKM offline ke online dengan target 2 juta UMKM tambahan yang bergabung ke platform e-commerce.

"Data terakhir sudah lebih dari 300 ribu UMKM bertransformasi ke online dan ditargetkan mencapai angka 2 juta di akhir tahun 2020," kata Luhut dalam webinar, Sabtu (13/6/2020).

Luhut mengatakan, 80 persen ekonomi nasional ditopang antara lain oleh kontribusi para pelaku UMKM. UMKM juga menyerap lebih dari 96 persen total tenaga kerja, lebih dari 115 juta jumlahnya.

"Ini angka yang sangat besar dan potensinya banyak sekali," aku Luhut.

Untuk itu, penting bagi UMKM untuk terus mengembangkan kapasitas dengan memanfaatkan berbagai program yang digulirkan baik program dari pemerintah maupun swasta.

Baca: Erick Thohir Angkat Pejabat BIN Jadi Dewan Komisaris Antam

"Di tengah pandemi Covid-19, terjadi penurunan penjualan produk UMKM utamanya untuk kategori produk non esensial, seperti pakaian dan elektronik," ujarnya.

Baca: INDEF: 3 Juta Karyawan Terdampak Covid-19, Kena Pemotongan Gaji Hingga PHK

Dia juga mengatakan, penjualan online kini menjadi solusi karena mampu bertahan bahkan cenderung mengalami peningkatan dalam jumlah penjualan sekitar 30 persen.

Dia menambahkan Presiden Jokowi sebelumnya telah meluncurkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia agar produk UMKM lokal semakin digemari.

Berita Populer
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved