Breaking News:

Pemisahan Jalur KRL Bogor dan Bekasi di Stasiun Manggarai Rampung Akhir Tahun Ini

Pemisahan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor dan Bekasi di Stasiun Manggarai ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Suasana keramaian penumpang kereta api di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (8/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemisahan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor dan Bekasi di Stasiun Manggarai ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.

Direktur Jenderal Pereketaapian Kemenhub, Zulfikri, mengatakan pihaknya menargetkan pemisahan jalur tersebut selesai akhir tahun ini.

"Pengerjaan proyek ini sedang dilaksanakan dan masih berjalan, meski dengan protokol baru dalam mencegah penyebaran Covid-19," ucap Zulfikri dalam diskusi online, Sabtu (13/6/2020).

Menurut Zulfikri, apabila pemisah jalur KRL Bogor dan Bekasi sudah rampung maka keterlambataan yang terjadi di Stasiun Manggarai bisa terselesaikan.

"Pemisahan jalur ini sebagai upaya kami dari pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk meningkatkan kapasitas KRL," ucap Zulfikri.

Baca: Sengketa Geprek Ayam Bensu Makin Meruncing, Kubu Ruben Onsu Klaim Masih Bisa Gunakan Merek

Pada masa normal, lanjut Zulfikri, pengguna perjalanan KRL bisa mencapai 1 juta pengguna perhari dan kemungkinan akan meningkat. Maka perlu adanya antisipasi dari sarana dan prasarana untuk menunjang peningkatan tersebut.

Baca: Pilot Berhasil Eject dengan Kursi Pelontar Saat Pesawat Tempur Hawk 109 TNI Jatuh di Pekanbaru

Selain pemisahan jalur KRL, Zulfikri menyebutkan, bahwa saat ini KAI sedang dalam proses menyelesaikan proyek double track sepanjang 35 kilometer. Proyek ini diproyeksikan akan rampung pada 2021 mendatang.

Baca: Karyawannya di Bagian Dapur Ini Diduga Dipakai Ruben Onsu untuk Dapatkan Resep Ayam Geprek Sujono

"Dengan adanya pemisahan jalur Bogor dan Bekasi, serta double track selesai maka jalur KRL akan terpisah dengan jalur kereta api jarak jauh. Jadi bisa meminimalisir keterlambatan yang biasanya terjadi di Stasiun Manggarai," ujar Zulfikri.

Selain itu Zulfikri juga berharap, adanya pembaharuan sistem persinyalan yang dapat membuat waktu tunggu atau headway KRL akan lebih cepat.

"Saat ini, headway jalur Bogor 5 menit, kemudian Serpong dan Bekasi 10 menit. Kalau diremajakan headway bisa ditingkatkan," ujar Zulfikri.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved