Breaking News:

Virus Corona

Dua Strategi Isuzu Mempertahankan Penjualan di Tengah Pandemi Covid-19

Pabrikan mobil niaga asal Jepang PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyiapkan dua strategi besar untuk menghadapi virus Corona.

Penulis: Lita febriani
Editor: Dewi Agustina
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Ilustrasi: Konfigurasi unik 3 layer kendaraan niaga Isuzu yang dipamerkan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di gelaran pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berusaha tetap mempertahankan penjualan selama diterpa pandemi Covid-19.

Secara garis besar, pabrikan mobil niaga asal Jepang tersebut menyiapkan dua strategi besar untuk menghadapi virus Corona.

Marketing Division Head IAMI, Attias Asril mengatakan strategi pertama ialah Defense Mode terlebih dahulu saat pandemi Covid-19 menyerang.

"Kami menyiapkan dua skenario besarnya adalah yang pertama kita adalah defense dulu. Bagaimana perusahaan itu dapat mengapung dahulu di tengah badai ini, jangan berpikir untuk melaju, yang penting kita mengapung, dengan mengapung artinya kita masih ada, kita masih terlihat, kita masih hidup," tutur Attias saat Ngovid Forwot, Jumat (26/6/2020).

Baca: Mundurnya Penerapan Euro 4, Isuzu Panther Tak Jadi Disuntik Mati hingga Penundaan Rilis MU-X Terbaru

Baca: Tak Perlu Pusing Urusan Ganti Suku Cadang di Masa Pandemi, Isuzu Diskon 5 Jenis Spare Parts Ini

Strategi defense yang diterapkan Isuzu terbagi menjadi reaksi dan recession.

Yang pertama reaksi seperti menerapkan protokol kesehatan untuk seluruh karyawan dan saat melayani konsumen.

Lalu, tetap berhubungan baik dan memberi informasi ke seluruh pemangku kepentingan, serta meninjau kembali syarat dan ketentuan kontrak.

"Kemudian pada tahapan recession, tentunya pada saat ini ialah bagaimana disiplin dan fokus pada cash flow itu menjadi hal yang paling penting, sambil mengamati performa dan kapabilitas dari ekosistem IAMI. Ekosistem IAMI ini ya diler, karoseri dan supplier," ungkap Attias.

Tahapan akhir dari recession ialah mempersiapkan skenario risiko dalam semua strategi dan operasional.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved