Breaking News:

Sektor Infrastruktur Terjun Bebas Hambat Penguatan IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini ditutup naik tipis sebesar 0,07 persen atau 3,57 poin ke level 4.905.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Foto ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini ditutup naik tipis sebesar 0,07 persen atau 3,57 poin ke level 4.905.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan, IHSG sempat optimis dengan menguat hampir 1 persen pada awal sesi perdagangan.

Namun, terjun bebasnya saham-saham di sektor infrastruktur hingga minus 2,54 persen menjadi penghambat pergerakan optimis IHSG pada perdagangan hari ini.

Baca: IHSG Hari Ini Berpeluang ke Zona Hijau

"Saham TLKM minus 4,09 persen, turun signifikan setelah memasuki hari ex date dividen, dimana nominal dividen yang akan dibagikan sebesar Rp 154,07 per lembar saham," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Selain itu, kata Lanjar, juga adanya penurunan laba bersih TLKM pada kuartal I tahun ini sebesar 5,8 persen dibandingkan kuartal I tahun lalu.

Sementara itu, aksi jual investor asing sebesar Rp 489,09 miliar menyeret saham TLKM menjadi terbanyak dijual investor asing.

Baca: Pemerintah Terus Dorong Pembangunan Infrastruktur dan SDM di Papua

"Dengan kapitalisasi yang besar penurunan saham TLKM ini tentu menjadi pemberat penguatan IHSG hingga akhir sesi perdagangan," pungkas Lanjar.

Adapun investor diperkirakan menanti data inflasi yang akan rilis besok dengan ekspektasi turun pada sebesar 1,9 persen dari 2,19 persen.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved