Breaking News:

Virus Corona

Terdampak Covid-19, Ini 4 Jurus Angkasa Pura II dan Stakeholder Pulihkan Lalu Lintas Penerbangan

Awaluddin mengatakan perseroan bersama stakeholder mengupayakan lalu lintas penerbangan dapat pulih kembali mulai bulan ini.

dok AP II
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) bersama stakeholder penerbangan nasional menyiapkan strategi pemulihan (recovery) lalu lintas penerbangan guna mendukung aktivitas perekonomian.

Strategi recovery terdiri dari 4 langkah, yaitu optimalisasi slot time di bandara, pengaktifan kembali rute-rute domestik, peningkatan frekuensi di setiap rute, dan normalisasi jam operasional bandara.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan bersama stakeholder mengupayakan lalu lintas penerbangan dapat pulih kembali mulai bulan ini.

Baca: AP II: Ada Enam Hal yang Membuat Para Traveler Menunda Terbang di Tengah Pandemi

“Mulai Juli 2020, kami menekankan dimulainya recovery lalu lintas penerbangan guna mendukung aktivitas perekonomian di Indonesia. Fokus pemulihan pada tahap awal adalah rute domestik untuk memperkuat konektivitas kota-kota di Indonesia. Tentunya sektor penerbangan nasional tetap mengedepankan protokol kesehatan dan keamanan,” ujar Muhammad Awaluddin, Sabtu (4/7/2020).

Berikut 4 langkah di dalam strategi pemulihan lalu lintas penerbangan nasional:

1. Optimalisasi slot hingga 30 persen

Di tahap awal recovery pada bulan ini , PT Angkasa Pura II menargetkan slot time di 19 bandara dapat digunakan 30 persen.

Misalnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam satu hari terdapat 1.100 slot time penerbangan, maka ditargetkan dalam satu hari dapat digunakan sebanyak 330 slot time.

“Slot time ditargetkan meningkat bertahap. Pada Juli ini, kami targetkan rata-rata 30 persen dari sebelumnya di tengah pandemi ini berkisar 10 persen-20 persen. Kemudian pada tahap berikutnya target akan ditingkatkan,” ujar Muhammad Awaluddin.

2. Pengaktifan kembali rute penerbangan

Halaman
123
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved