Breaking News:

Menteri PUPR: Jalan Tol Trans Sumatera Hadapi Masalah Pendanaan

Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Lampung dengan Aceh tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 500 triliun.

Reza Deni/Tribunnews.com
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (19/2/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan Proyek trans Sumatera hanya terkendala masalah pembiayaan saja. Tidak ada kendala pembebasan lahan seperti yang terjadi pada proyek Tol Cisumdawu.  

"Kalau di tol trans Sumatera tidak ada kendala lahan, hanya pendanaan," kata Basuki di Komplek Istana Kepresiden,  Jakarta, Selasa, (7/7/2020).

Ia mengatakan, pembangunan tol yang menghubungkan Provinsi Lampung dengan Aceh tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 500 triliun.

Sementara dana yang tersedia baru Rp 113 triliun yang bersumber dari Penanaman Modal Negara ke PT Hutama Karya, Perbankan, serta Pemerintah.

"Perbankan komitmen 72,2 triliun, dukungan pemerintah 21,6 triliun, PMN ke Hutama Karya yang ditugaskan 19,6 triliun, total jadi ada 113 triliun yang sudah committed, termasuk yang sudah operasi tadi sepanjang 393 kilometer. Sehingga masih dibutuhkan anggaran Rp 387 triliun untuk menyelesaikan seluruhnya," katanya.

Baca: Baru Tersambung 393 Kilometer, Jalan Tol Lampung ke Aceh Ditargetkan Rampung 2024

Basuki mengatakan, pembangunan jalan bebas hambatan trans Sumatera terdiri dari pembangunan backbone atau koridor utama sepanjang 1974 KM dan Jalur pendukung sepanjang 904 km.

Baca: Pembangunan Jalan Tol Yogya-Cilacap Ditargetkan Mulai 2022

Untuk pembangunan koridor utama saja membutuhkan dana Rp 266 triliun.

"Tapi kalau hanya backbonenya saja dari Bakeuhuni ke Banda Aceh itu adalah 1970 KM, ya tanpa sirip-sirip, tanpa Bengkulu, Padang dan tanpa Sibolga, tapi itu semua juga akan diselesaikan. Untuk backbonenya saja kebutuhan dananya 266 triliun," katanya.

Baca: Tanah Longsor Tutupi Jalan Tol Semarang-Solo, Satu Lajur Sudah Bisa Dilewati Pengguna Jalan

Dukungan pemerintah dalam pembangun trans Sumatera tersebut yakni berupa konstruksi jembatan antara Bakauheni dan Palembang, serta terowongan antara Padang-Pekanbaru.

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved