Breaking News:

Presiden Jokowi: Saya Minta Semuanya Dipercepat, Terutama yang Anggarannya Besar-besar

Presiden Jokowi meminta sejumlah kementerian beranggaran besar untuk mempercepat belanja. Jokowi singgung Kemendikbud, Kemenhan, Kemensos, Kemenhub

Sekretariat Presiden
Jokowi kembali menginggung belanja anggaran kementerian dalam rapat terbatas Selasa (7/7/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali meminta para menteri untuk mempercepat belanja anggaran untuk menggerakan perekonomian.

Sejumlah kementerian di antaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) disinggung khusus terkait upaya menggerakan perekonomian melalui belanja anggaran dari APBN.

Menurutnya, belanja pemerintah menjadi penggerak utama bagi perekonomian di tengah pandemi saat ini.

Dalam rapat terbatas pada Selasa (7/7/ 2020) di Istana Negara, Jakarta, Presiden mengingatkan bahwa kuartal ketiga 2020 akan menjadi kunci bagi upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah Pandemi Covid-19.

Akhir Juni 2020, Presiden Jokowi juga telah mengingatkan para menteri dalam kinerja belanja khususnya terkait penanganan Covid-19.

Bahkan media-media nasional memberitakan dengan nuansa Jokowi yang marah karena disertai ancaman pembubaran lembaga atau kementerian yang tidak bekerja sesuai harapan.

Baca: Video Jokowi Marah Dirilis setelah 10 Hari, Moeldoko: Itu Bagian dari Strategi

Baca: Defisit APBN Terus Membengkak, Pemerintah Diingatkan Bahaya Beban Utang 

Dalam rapat terbatas kemarin, Jokowi kembali menyinggung belanja anggaran kementerian.

"Saya sekarang ini melihat belanja kementerian itu harian. Naiknya berapa persen. Harian, saya lihat betul sekarang," kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi bila kuartal ketiga ekonomi nasional bisa tumbuh positif maka akan memudahkan upaya peningkatan ekonomi di kuartal keempat.

"Tahun depan insyaallah juga akan lebih mudah," ujar Jokowi.

Halaman
123
Editor: Yudie Thirzano
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved