Breaking News:

Hasil Survei Paxel: 57 Persen UKM Alami Peningkatan Jumlah Pelanggan Baru di Masa Pandemi Covid-19

Perubahan perilaku pun dialami juga oleh pembeli selama masa PSBB meskipun tidak drastis

IST
Ilustrasi UKM 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usaha Kecil dan Menengah ( UKM) Indonesia menjadi sektor yang ikut terdampak oleh pandemi virus corona atau Covid-19 ini.

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia mengakibatkan banyak UKM yang terpaksa menutup tokonya secara offline.

Baca: 57% UKM Alami Peningkatan Jumlah Pelanggan Baru Karena Adanya Jasa Sameday Delivery Antarkota

Paxel menggelar survey bernama Paxel Buy and Send Insight II, untuk mengetahui bagaimana UKM beradaptasi terhadap berbagai macam kondisi ekonomi, melibatkan 650 UKM penjual online di Indonesia, selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sebagian besar atau 91.2 persen UKM penjual online yang disurvei adalah penjual makanan atau minuman yang selama ini mengandalkan jasa logistik Sameday Delivery seperti Paxel.

Berdasarkan survey dari Paxel Buy and Send Insight II, upaya adaptasi pun dilakukan UKM untuk bertahan selama masa PSBB seperti 39,99 persen mengurangi stok barang jualan dan 16,1 persen mengurangi karyawan karena toko offline yang ditutup.

Perubahan perilaku pun dialami juga oleh pembeli selama masa PSBB meskipun tidak drastis.

Sebanyak 37,3 persen customer tetap berbelanja dengan jumlah yang normal atau lebih sedikit, tapi mengubah frekuensi belanja menjadi lebih sering.

Dengan kebutuhan yang berbeda, sebanyak 28,3 persen dari customer membeli produk dalam jumlah lebih banyak dari biasanya, tapi mengurangi frekuensi berbelanja menjadi lebih jarang dari sebelum masa PSBB.

Chief Operating Officer Paxel, Zaldy Ilham Masita mengatakan bahwa lewat survei Paxel Buy and Send Insight II, Paxel meng-capture kondisi terkini dan kebiasan UKM dalam memasarkan, serta mengirim barang dagangan mereka selama masa PSBB.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved