Breaking News:

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pameran UMKM Ini Dihelat Secara Virtual

Kegiatan ini bertujuan untuk tetap menjaga semangat berwirausaha dan sekaligus tetap mematuhi pembatasan sosial pada masa PSBB.

IST
Konferensi dan pameran virtual UMKM yang diselenggarakan Wirakarya ini menjadi bentuk pameran UMKM virtual pertama di Indonesia yang mengusung konsep digital. 

Laporan Reporter Tribunnews, Hasiholan Eko Gultom

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wirakarya akan menggelar konferensi dan pameran UMKM secara virtual guna membangkitkan kembali industri UMKM walau terdampak pandemi virus corona baru atau Covid-19. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 24 – 26 Juli 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk tetap menjaga semangat berwirausaha dan sekaligus tetap mematuhi pembatasan sosial pada masa PSBB.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari jadi Koperasi, yang jatuh pada tanggal 12 Juli.

Konferensi dan pameran virtual UMKM yang diselenggarakan Wirakarya ini menjadi bentuk pameran UMKM virtual pertama di Indonesia yang mengusung konsep digital dan bertujuan untuk merangkul pelaku UMKM agar mememulai untuk bertransformasi kearah digitalisasi.

Baca: Percepat Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi, BRI Sinergikan Tiga Ekosistem

Perubahan global secara signifikan dipengaruhi oleh pandemi Covid-19, berdampak pada melumpuhnya sektor ekonomi dan menuntun pelaku usaha untuk terus berpikir dan berinovasi agar tetap produktif dimasa sulit seperti saat ini, UMKM sebagai pondasi ekonomi kerakyatan sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak agar dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi negara.

Baca: Penyerapan Dana PEN untuk Sektor Koperasi dan UMKM Perlu Diakselerasi

Acara yang diprakarsai oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), BPP AKU dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) ini dapat diakses melalui portal websitewirakarya.

Hal menarik dari event virtual Wirakarya ini adalah pengunjung tetap merasakan sensasi kegiatan pameran offline pada biasanya di mana tersedia panggung utama, stan pameran dan kelas workshop bagi mereka yang ingin mengikuti sesi seminar yang diselenggarakan, namun semua itu dilakukan secara virtual/ Online.

GKR Mangkubumi, Selaku ketua BPP AKU yang memprakarsai kegiatan ini, menyampaikan ada beberapa hal yang membedakan event pameran virtual yang Wirakarya selenggarakan dengan platform market place yang ada saat ini.

"Pertama, Pengunjung tidak perlu melakukan download aplikasi untuk dapat menikmati acara ini, hal ini bertujuan untuk mengajak para pelaku UMKM dan masyarakat umum untuk beradaptasi kepada perkembangan teknologi,".

"Kedua, Pameran virtual Wirakarya 2020 menyajikan konsep promosi pemasaran produk-produk UMKM dengan cara interaktif sehingga pengunjung tidak hanya dapat melihat display produk-produk yang dijual saja melainkan dapat melihat secara langsung proses produksi, cara pemakaian produk hingga bentuk atau konsep kerjasama yang ditawarkan,' katanya.

Selain itu, kata dia, pengunjung dapat menikmati rangkaian kegiatan yang menambah pengetahuan melalui acara talkshow, eksklusif workshop dan sharing workshop yang menampilkan topik-topik mengenai mikro usaha UMKM di era digitalisasi.

“Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi bagi pelaku UMKM untuk terus berkarya dalam tantangan pandemi dan era digital, sehingga mampu menguatkan sector ekonomi bangsa Indonesia”, tambah GKR Mangkubumi.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved