Breaking News:

Virus Corona

Tiru Jerman, Luhut Bilang Pemerintah Harus Sinergi Hadapi Covid-19

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Jerman paling cepat menangani Covid-19 karena pemerintahnya bersinergi.

Facebook
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Jerman paling cepat menangani Covid-19 karena pemerintahnya bersinergi.

Luhut menjelaskan, Indonesia mesti belajar dari Jerman untuk mengatasi pandemi Covid-19 agar tidak mengalami peningkatan kasus terus-menerus.

Baca: Menteri Luhut Yakin Hilirisasi Mineral Bikin Indonesia Jadi Pemain Utama Baterai Mobil Listrik

Baca: Penasehat Menteri Luhut: Indonesia Siap Jadi Produsen Kendaraan Listrik

"Jadi, karena terpadu itu maka kita lihat Jerman, Taiwan, Rusia dikategorikan negara yang begitu cepat bisa pulih dari keadaan ini. Karena itu saya juga berharap di kita semua agar kompak, padu, terintegrasi menyelesaikan masalah ini, tidak boleh ada salah menyalahkan," ujarnya, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, jika ada kekurangan di satu instansi maka harus ditutup oleh lainnya, sehingga tidak malah berujung menjadi konflik horizontal.

"Oleh karena ada kekurangan dari satu teman, kita saling memperbaiki. Tidak dalam suasana untuk merasa paling baik dalam konteks ini," kata Luhut.

Kekompakan pemerintah, lanjutnya, menjadi kunci besar dalam menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Presiden Joko Widodo.

"Jadi, sekali lagi kita tiru Jerman itu menjadi negara bagus, juga Taiwan menjadi model menurut hemat saya. Bagaimana mereka kompak mengatasi masalah ini," pungkasnya.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved