Breaking News:

Pesawat N250 Gatotkaca Karya BJ Habibie Akan Masuk Museum Muspusdirla Yogyakarta

Pesawat N250 PA01 Gatotkaca merupakan pesawat pertama hasil dari Grand Strategy tahap 3 yang dicanangkan BJ Habibie

KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA
Pesawat N250 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - PT Dirgantara Indonesia menyerahkan pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) Gatotkaca untuk melengkapi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) di Yogyakarta.

"Penyerahan ini sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI untuk ditempatkan di Muspusdirla," ujar Manager Komunikasi Perusahaan dan Promosi PT DI Adi Prastowo dalam keterangan tertulis, Kamis (20/8/2020).

Adi mengatakan, PT DI sudah melakukan proses pembongkaran pesawat.

Hal itu diawali dengan membuka semua panel akses di bagian utama, baik itu mesin, baling-baling, maupun struktur utama pesawat N250 seperti body, wing dan vertical stabilizer.

Pelaksanaan pembongkaran mengedepankan keamanan bagi personel maupun peralatan yang digunakan.

Baca: Pesawat Air Force One Ditumpangi Presiden AS Donald Trump Hampir Tertabrak Drone

Ini dilakukan agar bagian-bagian struktur pesawat yang dibongkar tidak mengalami kerusakan hingga nantinya dipasang kembali di Yogyakarta.

Pesawat N250 PA01 Gatotkaca dikirimkan ke Yogyakarta melalui jalur darat.

Rencananya, museum akan melakukan proses penerimaan pada 25 Agustus 2020 yang dihadiri Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Direktur Utama PTDI beserta jajaran pejabat di lingkungan TNI AU dan PTDI.

Pesawat N250 PA01 Gatotkaca merupakan pesawat pertama hasil dari Grand Strategy tahap 3 yang dicanangkan BJ Habibie, yakni Tahap Pengembangan Teknologi.

Pesawat N250 merupakan pesawat turboprop yang menggunakan teknologi mutakhir, antara lain fly by wire system, full glass cockpit with engine instrument and crew alerting system (EICAS).

Halaman
12
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved