Breaking News:

Ingin Jangkau Lebih Banyak Anggota, Koperasi Harus Memanfaatkan Teknologi Digital

Asset koperasi per Juni 2020 lalu menembus angka Rp 3,5 triliun dan total pinjaman yang sudah tersalurkan ke para anggota mencapai Rp 2,4 triliun

Editor: Eko Sutriyanto
istimewa
Ilustrasi koperasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Transformasi digital tidak hanya dilakukan di industri perbankan, fintech namun juga bisa dilakukan koperasi simpan pinjam.

Terbukti., KSP Sahabat Mitra Sejati  sejak tahun 2017, pihaknya mulai menyediakan layanan digital untuk produk simpanan online yang diberinama Sobatku.

"Pembuatan aplikasi ini agar bisa menjangkau lebih banyak anggota dan mempermudah dalam melakukan transaksi keuangan,"  kata Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati,  Ceppy Y Mulyana saat webinar yang diikuti Tribunnews belum lama ini.

Ceppy menyebutkan, aset koperasinya  per Juni 2020 lalu menembus angka Rp 3,5 triliun.

Hingga akhir Juni, total pinjaman yang sudah tersalurkan ke para anggota mencapai Rp 2,4 triliun. 

Dengan Sobatku, anggota KSP Sahabat Mitra Sejati gampang melakukan pembayaran, tarik tunai, atau menabung, yakni cukup di gerai Alfamart saja. Target pasar koperasi ini adalah para pelaku UMKM. 

Berkat layanan digital tersebut, jumlah anggota KSP Sahabat Mitra Sejati sudah mencapai 30.000 anggota, yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia.

Baca: Menteri Koperasi Tegaskan Pentingnya Memperkuat Fondasi Ekonomi Domestik

Kebanyakan dari anggota koperasi ini adalah UMKM di berbagai bidang. Ada pebisnis kopi, pengusaha binatu, fesyen, hingga pengusaha roti. 

Animo masyarakat ini terutama didasarkan pada rasa memiliki anggota terhadap koperasi karena visi kegotongroyongan, dari anggota untuk anggota yang menjadi landasan berdirinya koperasi. 

Keunggulan tersebut perlu didiversifikasi dengan inovasi digital dalam mengembangkan layanan yang memudahkan dan membuat anggota merasa nyaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Halaman
12
Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved