Breaking News:

Menko Airlangga Optimistis Sektor Pariwisata Segera Bangkit

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang diyakini bisa menjadi pembangkit perekonomian di tengah pandemi ini.

HANDOUT
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan sejumlah menteri kabinet dalam konferensi pers hasil Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Bintan, Kepri, hari ini, Jumat, 25 September 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang diyakini bisa menjadi pembangkit perekonomian di tengah pandemi saat ini.

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, pariwisata bisa segera menjadi motor penggerak ekonomi.

Hal ini disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri kampanye InDonesia Care (I Do Care) di Lagoi Bay, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (26/11/2020).

Dalam sambutannya, Menko Airlangga mengatakan, pemerintah terus berupaya menyiapkan strategi untuk pemulihan ekonomi nasional.

Baca: Terpuruk Sangat Dalam, Sektor Pariwisata Jadi Prioritas Utama untuk Segera Dipulihkan

Menko Airlangga juga optimis dapat mencegah perekonomian terkontraksi lebih dalam lagi sekaligus mempercepat pemulihannya, termasuk untuk daerah-daerah yang bergantung pada sektor pariwisata.

Baca: Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Didorong Masuk Pasar Modal

“Pemerintah telah menyiapkan strategi, serta menetapkan berbagai kebijakan dan program untuk tetap menggerakkan ekonomi, menjaga sumber penghasilan masyarakat, namun dengan tetap mengedepankan kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” kata Menko Airlangga.

Menko Airlangga menuturkan, dipilihnya Bintan sebagai salah satu lokasi Kampanye I Do Care disebabkan kota ini merupakan tujuan wisata yang sudah siap, serta berada dalam hub yang dekat dengan mancanegara.

“Tentunya kota ini menjadi pengungkit pertama sektor pariwisata, namun (kebangkitan) hanya bisa dicapai dengan protokol kesehatan yang siap. Saya melihat Kepri adalah daerah hijau, dengan tingkat kesembuhannya 60,7 persen yang melampaui standar global (WHO) 60 persen dan kasus aktif di sini hanya 375,” tuturnya.

Menko Airlangga juga berharap program ini benar-benar dijalankan dan digaungkan secara masif untuk meningkatkan kepercayaan calon wisatawan domestik dan global. Termasuk juga kehadiran pemerintah dalam rangka Rapat Koordinasi Pimpinan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Bintan kemarin, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Halaman
12
Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved