Breaking News:

Chandra Asri Produksi Kontainer Makanan Ramah Lingkungan Berbahan Thin Wall Trilene HI50TN

Inisiatif ini menjadi terobosan dalam penerapan kemasan yang dapat dipakai ulang berkat material yang lebih higienis dan ramah lingkungan.

Istimewa
Pabrik Chandra Asri 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan petrokimia terpadu PT Chandra Asri Petrochemical memperkenalkan Trilene HI50TN, kontainer makanan Thin Wall Injection polypropylene untuk kemasan makanan ramah lingkungan di pasar Indonesia.

Inisiatif ini menjadi terobosan dalam penerapan kemasan yang dapat dipakai ulang berkat material yang lebih higienis dan ramah lingkungan.

Trilene HI50TN juga telah memperoleh izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta memenuhi standar halal sehingga menjamin keamanan dan kualitasnya.

Baca: Penemu Belanda Ini Ciptakan Peti Mati Ramah Lingkungan yang Ubah Jenazah Jadi Kompos

Kontainer makanan yang ringan dan tipis ini sudah digunakan untuk membagikan daging sapi kurban saat Hari Raya Idul Adha pada Juli 2020 lalu.

"Kontainer TWIM PP menggantikan kemasan sekali pakai yang terbuat dari material lain. Kontainer sekali pakai memiliki aspek kebersihan dan keberlanjutannya masih diragukan. Sementara, kontainer TWIM PP aman digunakan di lemari es dan microwave. Dengan demikian, kontainer ini menjadi solusi penyimpanan makanan yang efektif serta dapat dipakai kembali untuk menjaga kebersihan dan kesegaran makanan dalam waktu yang lebih lama," kata Edi Rivai, VP Corporate Relations and Sustainability PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Senin (28/9/2020).

Baca: 106 Karyawan di Kawasan Industri Kabupaten Karawang Terpapar Covid-19

Dia menjelaskan, kontainer ini memiliki bobot ringan dan harga yang terjangkau, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan makanan sehari-hari, mengirim makanan dan digunakan untuk aneka acara.

Statista menjelaskan, pendapatan sektor layanan antar makanan lewat aplikasi dan online diproyekskan bertambah hampir dua kali lipat dalam beberapa tahun ke depan.

Dia mengklaim, penÄ£gunaan kontainer TWIM PP yang terbuat dari Trilene HI50TN dirilis demi mengurangi penggunaan kemasan kertas yang dilapisi plastik dalam industri layanan antar makanan di Indonesia.

"Dengan beralih memakai kontainer TWIM PP, kita mengurangi deforestasi secara drastis, yakni dengan menurunkan penggunaan kemasan sekali pakai yang terbuat dari kertas," jelasnya.

Trilene HI50TN dikembangkan dengan Hyperform (HPN) Performance Additives
buatan Milliken.

Konsumen dapat melihat dengan jelas kesegaran makanan yang dikemas, meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menjamin kualitas makanan yang baik.

HPN juga memberikan stabilitas dimensi untuk mengirimkan makanan tanpa kemasan yang tersobek serta menghasilkan daya tahan yang lebih tinggi terhadap panas agar aman dipakai di microwave.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved