Breaking News:

AirAsia Malaysia Berencana Melakukan PHK Ratusan Karyawan

Maskapai penerbangan AirAsia Malaysia, dikabarkan berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya.

biztravelguru
AirAsia Malaysia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan AirAsia Malaysia, dikabarkan berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya.

Mengutip dari laman situs Reuters pada Rabu (30/9/2020), rencana PHK terhadap karyawannya ini disebut sebagai efisiensi di tengah pandemi Covid-19.

PHK yang akan dilakukan terhadap manajemen AirAsia Berhad ataupun anak usaha yang melayani penerbangan jarak jauh, yaitu AirAsia X Berhad.

Baca: AirAsia Ancang-ancang Kenalkan Super App Bulan Depan untuk Awali Transisi Bisnis

AirAsia juga dikabarkan akan memberikan sejumlah bantuan untuk yang terdampak PHK ini, seperti tunjangan kesehatan dan penukaran kupon penerbangan akhir tahun.

CEO AirAsia Malaysia Riad Asmat mengatakan, terkait kondisi ini pihaknya telah melaporkan langsung kepada pemerintah setempat.

Tetapi menurut Riad, hingga saat ini belum ada tanggapan dari pemerintah setempat. Ia juga menyebutkan karyawan yang diberhentikan, berencana akan direktur kembali bila pandemi sudah berlalu.

Kemudian Riad juga menjelaskan, untuk staf yang tidak terdampak PHK dan masih bertahan tidak akan ada kebijakan pemotongan gaji.

Selain itu menurut CEO AirAsia X Benyamin Ismail, pengurangan karyawan ini sebagai efisiensi lebih terhadap staf teknis dan awak kabin dengan metode masuk terakhir, keluar pertama atau last in, first.

"Kami berpikir, saat ini yang terbaik adalah berhemat dan kami berharap bisa memberikan kepastian kepada masyarakat," ucap Benyamin.

Proses PHK karyawan AirAsia Malaysia kemungkinan akan selesai pada akhir September 2020, sedangkan staf AirAsia X yang terkena dampak akan diberhentikan pada akhir Oktober 2020.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved