Breaking News:

Gandeng Fintech, Bank BTN Tingkatkan Akses Kredit UMKM Sektor Properti

calon debitur UMKM di sektor properti dapat mengakses kredit dari BTN melalui KoinWorks hingga Rp 1 miliar.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala N Mansury memaparkan materi dalam Virtual Media Briefing di Jakarta, Kamis (13/8/2020). Bank BTN terus berfokus menyiapkan berbagai produk dan program layanan perbankan untuk membantu masyarakat khususnya generasi muda mempersiapkan masa depan. Selain perlunya menabung untuk masa depan, diperlukan juga rumah sebagai tempat hunian. Bank BTN akan menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) Virtual 4D 2020 pada 22 Agustus hingga 30 September mendatang. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menggandeng platform fintech KoinWorks untuk meningkatkan akses kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya sektor properti.

Lewat kerja sama ini, calon debitur UMKM di sektor properti dapat mengakses kredit dari BTN melalui KoinWorks hingga Rp 1 miliar.

Baca: Kejagung Tahan Eks Dirut Maryono, BTN Hormati Proses Hukum

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan melalui kemitraan ini pihaknya berupaya memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memiliki kemampuan gerak lebih besar di rantai pasok sektor properti.

Baca: Eks Dirut BTN Maryono Jadi Tersangka Penerima Suap Pemberian Fasilitas Kredit Rp 117 Miliar

“Bank BTN berupaya mengembangkan ekosistem di sektor properti hingga ke berbagai unsurnya termasuk para pelaku UMKM. Dengan akses dan dana kredit Bank BTN melalui KoinWorks, kami berharap pelaku UMKM dapat mengisi rantai pasok di industri properti untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor tersebut,” jelas Pahala saat perjanjian kerjasama di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Dengan menggandeng KoinWorks, perseroan meyakini dapat menjangkau semakin banyak pelaku UMKM.

“Kami percaya dengan kolaborasi bersama KoinWorks yang lebih dinamis dapat membuat analisa kredit dan customer experience menjadi lebih baik," lanjut Pahala.

Calon debitur UMKM di sektor properti seperti pemasok, kontraktor, dan subkontraktor dapat mengakses kredit hingga Rp 1 miliar lewat layanan KoinBisnis dalam platform KoinWorks.

Nantinya, kredit tersebut dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam kurun waktu 5 hari. Pada tahap awal, total nilai kredit dari Bank BTN yang disalurkan melalui KoinWorks mencapai Rp 75 miliar.

CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan kerjasama ini, menambah deretan mitra strategis KoinBisnis untuk penyaluran pembiayaan UKM di Indonesia.

“Melalui kemitraan ini juga kembali membuktikan bahwa sistem credit scoring yang digunakan oleh KoinWorks untuk KoinBisnis terbukti dapat membantu perluasan akses penyaluran pembiayaan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui UKM,” ujar Benedicto.

BTN hingga kini telah membina 4.792 debitur UMKM baik di segmen konvensional maupun Syariah.

Ribuan debitur tersebut terdiri atas 13 sektor usaha mulai dari real estate, konstruksi, hingga pertanian.

Per Agustus 2020, emiten bersandi saham BBTN ini telah menyalurkan kredit ke sektor Small Medium Enterprises (SME) sekitar Rp 1,9 triliun.

Posisi tersebut naik 18,19 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp 1,63 triliun di bulan yang sama tahun lalu.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved