Breaking News:

PAN Minta Pemerintahan Jokowi Mencontoh Negara Lain Keluar Lebih Cepat dari Resesi Ekonomi

Eddy Soeparno menyebut seluruh dunia mengalami resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

HandOut/Istimewa
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyebut seluruh dunia mengalami resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Indonesia saat ini dalam kondisi resesi, tetapi di lain pihak, di negara lain ada yang sudah bangkit dari resesinya. Salah satunya adalah China."

"Memang paling awal kena resesi, tapi paling cepat bangkit dari resesi," kata Eddy saat diskusi virtual PAN bertema Resesi dan Percepatan Pemulihan Ekonomi, Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Menurut Eddy, cepatnya China keluar dari resesi karena pemerintahnya melakukan tindakan-tindakan secara cepat dan fokus kepada kebangkitan ekonomi negaranya.

Baca juga: Resesi Dunia Dipicu Perang Dagang AS-China

"Negara lain seperti Singapura, Thailand, Korea, Jepang dan negara lainnya juga bergulat untuk keluar dari resesi. Tapi dilihat angka ekonomi merwka ada perbaikan," tutur Eddy.

"Yang kita fokuskan adalah seberapa cepat bisa keluar dari resesi ini. Belajar dari negara tetangga kita, semakin cepat perekonomian di buka, memang terakselerasi juga pertumbuhan ekonominya," sambungnya.

Baca juga: Menkeu Klaim RI Lebih Baik dari Negara Lain soal Resesi, Ekonom Indef: Jangan Over Optimis

Oleh sebab itu, Eddy pun berharap pemerintah Indonesia saat ini mencari keseimbangan antara ancaman kesehatan dan tidak melupakan perekonomian nasional.

"Ketika sudah mencari titik keseimbangan tersebur, kita bicara bagaimana mendorong pertumbuhan ekonomi ke depannya," ucap Eddy.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved