Breaking News:

Jadi Wirausahawan Sejak Mahasiswa, Kenapa Nggak? Bisa Dimulai dari Ikut Ajang Ini

KMI Expo dengan Universitas Agung Podomoro (Podomoro University) Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaranya.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia masih membutuhkan jutaan wirausahawan baru untuk mengakselerasi ekonominya lebih kencang sekaligus mendorong pemerataan ekonomi di berbagai wilayah. 

Karenanya, etos kewirausahaan perlu dipupuk sejak dini. Di lingkungan kampus, semangat kewirausahaan juga sudah dipupuk melalui beragam kegiatan yang mendorong entrepreneurship mahasiswa untuk bekal mereka saat selesai studi. 

Satu diantaranya adalah melalui ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo.

Untuk kesebelas kalinya, KMI Expo akan kembali diselenggarakan ke tengah-tengah para wirausahawan muda Indonesia.

Baca juga: Memberdayakan Warga Lokal Lewat Wirausaha Tempe, Rintis Peluang Ekspor ke Jepang

Tahun 2020 ini, KMI Expo dengan Universitas Agung Podomoro (Podomoro University) Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaranya.

Andre Felix Setiawan, Ketua Panitia KMI Expo XI 2020 sekaligus Kepala Bagian Kerjasama Podomoro University mengatakan, universitasnya dipilih karena dikenal sebagai salah satu kampus yang mempunyai misi menyelenggarakan pendidikan berbasis kewirausahaan, berbudaya Indonesia, dan berkualitas internasional.

"Perhelatan tahun ini bertajuk KMI Expo XI - 2020 mengangkat tema Connecting Opportunities (Menghubungkan Peluang) untuk membuka simpul-simpul peluang bisnis baru ke semua pengunjung yang datang menjadi sebuah kegiatan kewirausahaan yang berkesinambungan," ujar Andre, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Menkop Teten: Profesi Wirausaha Pilihan Tepat di Tengah Pandemi

KMI Expo sendiri merupakan perhelatan besar tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Tujuannya, untuk memaksimalkan dan memunculkan potensi yang dimiliki para mahasiswa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang cerah melalui dunia wirausaha.

Andre menambahkan, expo kali ini juga sekaligus menjadi ajang pertukaran ide dan kreativitas bisnis antar mahasiswa serta tempat menimba ilmu dari para praktisi dan tokoh wirausaha yang sukses di bidangnya.

Pembicara yang akan tampil membagikan  pengetahuan dan pengalamannya antara lain Prof. Donna Kelley dari Babson College, USA, Bapak Ilham A. Habibie dari Orbit Future Academy, Sandiaga Uno dari Saratoga Grup, serta figur publik Raditya Dika.

Baca juga: Wirausaha Berwawasan Teknososioprenur Bisa Dicetak Sejak Dini dari Kampus

KMI Expo 2020 diisi dengan kegiatan pameran dan bazaar produk mahasiswa, penganugerahan KMI Awards, penganugerahan Start up Summit, kompetisi workshop kewirausahaan mahasiswa Indonesia dan lain-lain.

Expo ini diawali dengan pendaftaran dan pengajuan proposal dari para calon peserta KMI Expo XI 2020 yang berakhir pada tanggal 19 November 2020. Dilanjutkan dengan tahapan seleksi peserta Expo.

Tahap berikutnya adalah penjurian peserta award pada tanggal 23 November - 4 Desember 2020. Acara puncaknya akan dilaksanakan pada 4-5 Desember 2020 via online di platform Hopin dengan acara puncak berbagai macam talkshow dan sarasehan.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved