Breaking News:

Pelabuhan Patimban Dinilai Dapat Menghemat Biaya Pengiriman Barang Pelaku Industri

Budi Setiyadi mengungkapkan, hadirnya Pelabuhan Patimban dapat menekan ongkos pengiriman barang pelaku industri.

Kementerian PUPR
Akses jalan ke Pelabuhan Patimban, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengungkapkan, hadirnya Pelabuhan Patimban dapat menekan ongkos pengiriman barang pelaku industri.

Ia menjelaskan, pelaku industri di kawasan Jawa Barat selama ini perlu mengantarkan barang ke Pelabuhan Tanjung Priok untuk dapat melakukan ekspor.

"Tetapi dengan adanya Pelabuhan Patimban, maka pengiriman dapat lebih dekat untuk keperluas ekspor," ucap Budi Setiyadi dalam diskusi virtual, Jumat (27/11/2020).

Menurutnya, jarak tempuh menuju Pelabuhan Tanjung Priok biasanya memakan biaya Rp 4 juta dan bila menggunakan Pelabuhan Patimban dengan jarak yang lebih dekat maka biaya pengiriman bisa menjadi Rp 2 juta.

"Selain itu, pelaku industri asal Bekasi hingga karawang juga dapat menghemat ongkos kirim yang lebih murah apabila ke Pelabuhan Patimban," kata Budi Setiyadi.

Budi Setiyadi juga mengungkapkan, bila melihat jarak memang Tanjung Priok lebih dekat dengan wilayah di sekitar Jakarta. Tetapi kepadatan jalan saat ini, membuat pengiriman barang memakan waktu lama.

"Jika dibandingkan dengan ke Pelabuhan Tanjung Priok, dari sisi waktu akan lebih pendek meski dari sisi jarak lumayan jauh," ucap Budi Setiyadi.

Maka dari itu, lanjut Budi Setiyadi, pihaknya berharap pelaku industri dapat memanfaatkan Pelabuhan Patimban dalam melakukan kegiatan ekspor.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved