Breaking News:

Tinjau KPLP Tanjung Priok, Menhub: Jangan Lengah Lakukan Pengawasan Laut

Budi Karya Sumadi meninjau pangkalan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut, di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat.

IST
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau pangkalan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut, di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (1/1/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengawali tahun 2021, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pangkalan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut, di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Budi, terdapat sekitar 382 kapal penjagaan dan kurang lebih 15.000 petugas yang bertugas piket Natal dan Tahun Baru meski di hari libur, untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru

"Di sini saya ingin menemani dan memberikan semangat kepada mereka bahwa tugas sebagai ASN itu memang harus dilaksanakan walaupun di hari libur. Saya lihat teman-teman sudah bekerja baik dan extraordinary di tengah pandemi,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (1/1/2021).

Baca juga: 3 Kapal Patroli KPLP Kawal Kapal MV. Suzuka Express dari Pelabuhan Patimban

Kepada para petugas, Menhub Budi berpesan agar tidak lengah untuk melakukan pengawasan.

“Tugas para penjaga laut dan pantai sangat berat terlebih di masa pandemi. Mereka memiliki tugas menjaga dan melakukan rescue (penyelamatan) kepada kapal-kapal yang berlayar di laut Indonesia yang begitu luas dari Sabang sampai merauke," tutur Budi.

Baca juga: Ditjen Hubla - KPLP Gelar Oil Bom, Pasca Tenggelamnya Kapal Keruk King Richard X di Batu Ampar

Evaluasi terhadap Pangkalan-pangkalan KPLP akan dilakukan jajarannya, khususnya yang berbatasan dengan negara lain dari ancaman atau gangguan adanya kapal-kapal negara lain yang melanggar aturan.

“Pangkalan yang paling harus dievaluasi adalah pangkalan-pangkalan yang berbatasan dengan negara lain khususnya di daerah Batam dan sekitarnya, khususnya terkait masalah penyeludupan," imbuh Budi.

"Kami akan berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Bea Cukai untuk memperkuat pengawasan di perbatasan,” pungkasnya.

Saat melakukan peninjauan, Menhub Budi didampingi Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ahmad, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko dan Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan pantai Tanjung Priok Capt. Pujo Kurnianto.

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved