Breaking News:

Maybank Indonesia Salurkan Kredit Rp 22,6 Triliun untuk Modal Kerja UMKM

Melalui program kemitraan MyLinkage, Maybank telah menyalurkan total kredit sebesar Rp 4.1 triliun pada Desember 2019.

NST
Logo Bank Maybank 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Maybank Indonesia Tbk telah menyalurkan kredit untuk segmen Community Financial Services (CFS) Non ritel sebesar Rp 38,7 triliun hingga kuartal III 2020.

Penyaluran ini didominasi kredit modal kerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mencapai 78 persen atau senilai Rp 22,6 triliun.

Sedangkan total keseluruhan kredit Maybank Indonesia, termasuk Global Banking dan CFS yang telah disalurkan ke pasar mencapai Rp 109,4 triliun pada periode yang sama. 

Penyerapan kredit Maybank Indonesia terhadap portofolio UMKM, didominasi atau sebesar 78 persen sebagai kredit modal kerja UMKM berjangka waktu pendek.

Baca juga: Maybank Biayai Pengadaan Vaksin Covid-19 oleh Bio Farma Rp 2,68 Triliun

Kredit ini digunakan untuk membiayai operasional usaha, piutang dagang hingga pembelian bahan baku.

Sebesar 22 persen digunakan sebagai pinjaman investasi berjangka panjang untuk mendukung kebutuhan usaha UMKM seperti membiayai proyek investasi, perluasan usaha hingga pembelian alat produksi.

Baca juga: Maybank Siap Ganti Uang Winda Earl, Polri: Tidak Akan Hapus Peristiwa Pidananya

Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Steffano Ridwan mengatakan penyaluran kredit usaha Maybank Indonesia dilandasi pada prinsip empowering the community.

"Bank harus mampu mengikuti dinamika kebutuhan UMKM yang diwujudkan dalam berbagai kemudahan proses penyaluran kredit yang cepat, sederhana, dan fleksibel," kata Steffano, dalam keterangan resminya, Selasa (5/1/2021) malam.

Penyaluran fasilitas kredit bagi UMKM ini dilakukan bank ini melalui berbagai mekanisme, seperti program supply chain yang mengintegrasikan 73 UMKM dengan peran masing-masing yakni produsen, distributor, supplier, reseller hingga retailer dalam kesatuan jaringan usaha. 

Kemudian, kredit juga dapat disalurkan melalui kemitraan dengan institusi perbankan atau non-perbankan melalui program MyLinkage, seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR), kemitraan dengan koperasi plasma sawit serta dalam bentuk modal ventura.

Melalui program kemitraan MyLinkage, bank ini telah menyalurkan total kredit sebesar Rp 4.1 triliun pada Desember 2019.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved