Breaking News:

Sandiaga Dorong Daya Tarik Desa Wisata Bilebante Lombok Tengah Sebagai Destinasi Favorit Wisatawan

Selain infrastruktur dan interkoneksi, penyiapan MotoGP tidak terlepas dari dukungan kearifan lokal di desa wisatanya.

Istimewa
Menjelang ajang MotoGP Mandalika, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong berbagai potensi dan daya tarik Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkuat sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang ajang MotoGP Mandalika, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong berbagai potensi dan daya tarik Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkuat sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan.

Sandiaga mengunjungi Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (15/1/2020).

Ia mengatakan selain infrastruktur dan interkoneksi, penyiapan MotoGP tidak terlepas dari dukungan kearifan lokal di desa wisatanya.

Ia menyontohkan makanan dan minuman khas Lombok serbat campuran dan serabi rumput laut.

Sandiaga meyakini memperkuat kearifan lokal akan turut menyukseskan penyelenggaraan MotoGP 2021, yang rencananya akan dihelat di Mandalika.

Baca juga: Menparekraf Dorong UMKM Tanah Air Naik Kelas Lewat Ajang MotoGP Mandalika

"Ada makanan khas Lombok lainnya yaitu ayam taliwang, plecing, dan nasi puyung. Semua yang menjadi ciri khas dari Lombok akan kita angkat, kita akan kurasi, karena kita punya programnya, dan kita akan bikin event-event yang lebih banyak di sini," ujar Sandiaga di Lombok, NTB, Jumat (15/1/2021).

Sandiaga melanjutkan, karena desa ini juga termasuk desa wisata sehat, salah satu yang bisa di dorong adalah medical tourism atau pariwisata berbasis kesehatan.

Pada 2017, Desa Wisata Bilebante mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebagai Desa Wisata terbaik dalam ajang Desa Wisata Award 2017.

Desa Bilebante terpilih karena dinilai mampu menjalankan roda perekonomian melalui Desa Wisata.

Halaman
12
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved