Breaking News:

Penanganan Covid

Science Techno Park dan Tax Deduction Jadi Strategi Pemerintah Pulihkan Ekoonomi Akibat Pandemi

Bambang PS Brodjonegoro mengatakan jika strategi triple helix bisa diimplementasikan, inovasi teknologi juga akan berhasil dijalankan.

Capture Video Zoom/Fitri Wulandari
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro, dalam Webinar 'Tantangan dan Kebijakan Pengembangan Vaksin Merah Putih untuk Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19', Jumat (22/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi virus corona (Covid-19) bisa dilakukan dengan berbasis pengetahuan yang diimplementasikan melalui inovasi hasil sinergi antara pemerintah, akademik dan pelaku industri (triple helix).

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan jika strategi triple helix bisa diimplementasikan, inovasi teknologi juga akan berhasil dijalankan.

"Jadi seperti yang sering kami sampaikan bahwa kunci dari keberhasilan lahirnya inovasi adalah pada implementasi triple helix yang mulus," ujar Bambang, dalam Webinar 'Tantangan dan Kebijakan Pengembangan Vaksin Merah Putih untuk Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19', Jumat (22/1/2021).

Ia kemudian menjelaskan bahwa ada dua pendekatan yang dilakukan pemerintah untuk memfasilitasi dukungan terhadap akademik dan industri atau dunia usaha, yakni melalui science techno park dan super tax deduction sebagai insentif bagi dunia usaha.

Baca juga: Ini Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Vaksinasi Versi Wakil Menteri BUMN

"Pendekatan intinya ada dua, science techno park dan satu lagi adalah upaya untuk pemanfaatan tax deduction sebagai insentif," kata Bambang.

Pemerintah, kata dia, harus bisa memfasilitasi dukungan antara peneliti dari universitas dengan dunia usaha atau industri.

Baca juga: Pemerintah Sebutkan Beberapa Indikator Pemulihan Ekonomi Indonesia di 2021 

Pendekatan pertama yakni melalui science techno park yang dianggap sebagai salah satu cara terbaik dalam menghubungkan industri dan lingkungan akademik.

"Nah kuncinya, dukungan kami yang pertama adalah melalui pengembangan dari science techno park. Kami melihat science techno park seperti contoh paling sukses di dunia adalah Silicon Valley, itu adalah cara yang terbaik menghubungkan universitas langsung dengan dunia industri," jelas Bambang.

Melalui interaksi dalam science techno park, dunia industri dapat mengetahui secara langsung tentang apa yang sedang dikerjakan oleh universitas.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved