Breaking News:

E-Commerce Live Streaming dan Konten Rekomendasi Tumbuh Signifikan di Indonesia

Tahun 2020 menjadi tahun pemicu lonjakan aktivitas digital masyarakat Indonesia, terutama di belanja online.

GRID
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun 2020 menjadi tahun pemicu lonjakan aktivitas digital masyarakat Indonesia, terutama di belanja online.

Masyarakat semakin beralih ke platform online untuk mencari beragam jenis produk mulai dari kebutuhan sehari-hari, mulai dari kesehatan, elektronik, perawatan, sampai produk kecantikan.

Tren itu membuat e-commerce live streaming di Indonesia meningkat secara signifikan.

Hal ini semakin dibuktikan dengan pemain e-commerce seperti Shopee dan Lazada menggunakan platform live streaming sebagai alat promosi penting untuk mendorong konversi pesanan sekaligus menciptakan pengalaman live streaming yang menyenangkan untuk meningkatkan interaksi pelanggan.

Belanja ditambah konten live streaming dapat meningkatkan interaksi langsung antara merek dan konsumen, yang semakin diyakinkan tentang kualitas produk, dan mendorong konsumen mengambil keputusan pembelian yang cerdas dan efisien.

Baca juga: Cara Sembunyikan Status Online di Telegram dengan Mudah, Ikuti 8 Langkah Ini

"Penerapan live streaming yang kreatif tidak hanya berhasil menarik minat masyarakat, dan mitra bisnis untuk bergabung dalam berbagai platform live streaming sebagai tindakan mengikuti tren digital populer," kata Huaiyuan Yang, Vice President, UC Web Global Business dalam keterangannya, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Bisnis Startup TaniHub Group Tumbuh di Atas 600 Persen di 2020

Namun inovasi konten live streaming memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan temuan Shopee yang mencatat peningkatan penjualan sebesar rata-rata 3,5 kali.

Meledaknya minat pasar belanja online seperti Indonesia juga telah memicu permintaan rekomendasi berbasis konten.

Laporan tahunan UC Browser 2020 juga telah menunjukkan bahwa ulasan produk dan konten rekomendasi telah menyaksikan lebih dari 13 miliar konsumsi di platformnya pada tahun 2020.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved