Breaking News:

Kemenhub Cairkan Rp 165 M Bangun Dermaga dan Sarana Pendukung di Destinasi Wisata Prioritas

Pembangunan yang akan dilakukan untuk mendukung sektor pariwisata yaitu dengan membangun 13 dermaga di Danau Toba.

ist
Menilmati danau toba dari atas bukit 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggelontorkan dana sebesar Rp 165,97 miliar di 2021, untuk membangun dermaga dan sarana pendukung di destinasi wisata super prioritas.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiayadi mengatakan, pembangunan dermaga dan sarana pendukung ini dilakukan untuk mendukung pengembangan lima destinasi super prioritas di 2021.

Ia menjelaskan, pembangunan yang akan dilakukan untuk mendukung sektor pariwisata yaitu dengan membangun 13 dermaga di Danau Toba.

"13 dermaga ini, delapan diantaranya di Ambarita, Hajibata, Simanindo, Tigaras, Muara, Tombing, Balige," ucap Budi dalam rapat dengan pendapat bersama Komisi V DPR RI, Kamis (28/1/2021).

Baca juga: 500 Pekerja Terampil Disiapkan Pemerintah untuk Dukung 5 Destinasi Wisata Prioritas

Baca juga: Kemenparekraf Targetkan 244 Desa Wisata Maju, Mandiri dan Tersertifikasi Tahun 2024  

Baca juga: Alamnya Indah dan Budayanya Kaya, Sektor Pariwisata Kabupaten Muna dan Sinjai Layak Ditengok

Kemudian pembangunan lainnya seperti sarana pendukung ke destinasi wisata Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika dan juga Likupang.

Selain itu ia juga merinci anggaran dukungan untuk 5 destinasi super prioritas, yaitu pembangunan di Danau Toba sebesar Rp 127,38 miliar, Borobudur Rp 4,08 miliar, Labuan Bajo Rp 1,46 miliar, Mandalika Rp 2,77 miliar dan Likupang Rp 30,2 miliar.

Budi juga mengungkapkan, anggaran belanja Ditjen Perhubungan Darat di 2021 sebesar Rp 5,6 triliun. Angka ini lebih kecil dari yang diproyeksikan sebelumnya Rp 7,6 triliun.

"Pemotongan anggaran ini, karena adanya alokasi penanganan Covid-19 yang membuat kami harus melakukan penghematan sebesar Rp 1,98 triliun," kata Budi.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved