Breaking News:

BPJT: Awal 2023 Tidak Ada Lagi Kendaraan Berdimensi Lebih di Jalan Tol

Penindakan ODOL menggunakan mesin WIM yang terpasang di gerbang tol ini dapat mengatur kedisiplinan para pengemudi maupun pemilik barang

IST
Penertiban truk over dimensi over load (ODOL) di ruas tol di Jawa Timur oleh polisi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berkomitmen menuju zero ODOL (Over Dimension Over Load) jalan tol seluruh Indonesia pada 2023.

Kepala BPJT Danang Parikesit menegaskan kendaraan kelebihan dimensi dan muatan akan ditindak dengan bantuan teknologi mesin Weight In Motion (WIM).

"Jadi 1 Januari 2023 sudah tidak ada lagi kendaran berdimensi lebih di jalan tol seluruh Indonesia. Kita sedang uji coba WIM, harapan kami Maret mulai pemasangan," kata Danang dalam jumpa pers virtual, Selasa (2/2/2021).

Dia mengatakan saat ini pengelolaan kendaraan barang bermuatan besar di Jalan Tol merupakan bagian penting dari upaya modernisasi kita di sistem jaringan Jalan Tol. 

Baca juga: Tersedak Umumnya Tak Berbahaya, Tapi dalam Kondisi Tertentu Bisa Fatal, Ketahui Pertolongan Pertama

Baca juga: Pemerintah Serius Berantas ODOL, Kemenhub Normalisasi Dua Truk Barang di Jambi

Melalui penindakan ODOL menggunakan mesin WIM yang terpasang di gerbang tol ini dapat mengatur kedisiplinan para pengemudi maupun pemilik barang.

"Cukup banyak kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol disebabkan kendaraan berat yang memiliki kecepatan rendah dan tidak sesuai dengan standar muatan yang ditentukan untuk beroperasi di jalan raya," tutur Danang.

Pihaknya menekankan melalui penerapan alat WIM ini merupakan langkah penting menertibkan pola kendaraan barang agar keselamatan berkendara masyarakat terjaga, aset jalan tol terkendali, dan tidak rusak sebelum waktunya.

Penertiban Zero ODOL di Jalan Tol merupakan tindak lanjut terhadap penerapan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pelaksanaan Pengamanan, Pelayanan Bersama, Penegakan Hukum dan Pertukaran Informasi di Jalan Tol yang telah dilakukan pada November 2019 lalu.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved