Breaking News:

BRI Ciptakan Lapangan Kerja dan Akses Hunian Layak Lewat Sustainability Bond

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tercatat sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam mendukung praktik keuangan berkelanjutan.

KONTAN
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tercatat sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam mendukung praktik keuangan berkelanjutan.

Diketahui, praktik keuangan berkelanjutan merupakan salah satu dukungan industri jasa keuangan dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia melalui penerapan strategi di aspek ESG atau lingkungan (environment), sosial (social), dan tata kelola perusahaan (governance).

Hal ini ditunjukkan dengan posisi BRI sebagai first mover on sustainable finance di Indonesia dan telah memiliki rencana aksi keuangan berkelanjutan sebagai strategi implementasi sustainable finance di BRI.

Komitmen ini dilanjutkan BRI dengan penerbitan sustainability bond di tahun 2019.

Baca juga: Amankan Pasokan Vaksin, Bio Farma Gandeng Perbankan

SEVP Treasury dan Global Services Bank Rakyat Indonesia (BRI), Listiarini Dewajanti menjelaskan, penawaran Sustainability Bond BRI menarik minat investor secara signifikan, ditunjukkan dari jumlah permintaan obligasi yang jauh lebih besar dibandingkan jumlah yang ditawarkan.

“Minat beli investor terhadap obligasi ini mencapai lebih dari US$4,1 miliar, dibandingkan dengan nilai total obligasi yang ditawarkan sebesar US$500 juta, tingkat oversubscription mencapai lebih dari 8 kali.” jelas Listriani dalam keterangannya, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Rupiah Ditutup Menguat ke Rp 13.910 per Dolar AS, Berikut Kurs di 5 Bank

Penerbitan sustainable bond tersebut telah memenuhi Standard Sustainability Bond ASEAN dan mendapatkan rating investment grade dari lembaga rating international (Fitch & Moodys).

Sesuai dengan tujuan penerbitannya, seluruh dana yang diperoleh dari penerbitan sustainability bond BRI telah digunakan untuk kegiatan yang berwawasan sosial dan lingkungan.

Pada tahun pertama setelah penerbitan, dana telah teralokasikan secara penuh 100%. Dari total US$500 juta dana yang diperoleh, US$422 juta atau 84,4% digunakan untuk kegiatan berwawasan sosial, dan sisanya sebesar US$78 juta atau 15,6% digunakan untuk kegiatan berwawasan lingkungan.

Baca juga: Bank Indonesia Siapkan Langkah Strategis Jaga Inflasi Tahun 2021

Dana yang digunakan untuk kegiatan berwawasan sosial, melalui penyaluran Kupedes dan KUR BRI, telah berhasil menciptakan lapangan kerja lebih dari 245 ribu pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Selain itu, melalui penyaluran KPR bersubsidi, sustainability bond BRI telah memberikan akses kepada 1.200 orang untuk memiliki hunian yang layak.

"Hasil sustainability bond BRI juga mampu mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), antara lain untuk menciptakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (decent work & economic growth)," ucap Listiarini.

Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved