Breaking News:

Survei: Tren Pencarian Properti Turun, Orang Menahan Pengeluran di Tengah Pandemi

Situs pencarian properti, Rumah.com mencatat telah terjadi penurunan pencarian properti oleh masyarakat pada kuartal IV 2020 sebesar 14 persen

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi properti. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Situs pencarian properti, Rumah.com mencatat telah terjadi penurunan pencarian properti oleh masyarakat pada kuartal IV 2020 sebesar 14 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Hal tersebut diketahui dari hasil survei yang dilakukan Rumah.com yang bekerjasama drngan lembaga riset Intuit Research, Singapura, dengan melibatkan 1.078 responden di seluruh Indonesia pada Juli hingga Desember 2020.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, meski pada kuartal IV 2020 turun, tetapi secara tahunan untuk pencarian properti masih meningkat dua kali lipat.

"Turunnya tren pencarian properti pada wilayah-wilayah di Jabodetabek ini memang erat kaitannya dengan siklus properti tahunan, di mana kuartal IV merupakan masa permintaan properti rendah akibat banyaknya pengeluaran orang di akhir tahun terkait kebutuhan belanja konsumtif dan liburan," kata Marine dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Satgas Minta Pemda Tidak Khawatir Mengenai Anggaran Pendirian Posko Covid-19

"Apalagi pandemi Covid-19 juga belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, sehingga orang juga menahan diri untuk pengeluaran besar," sambungnya.

Menurutnya, dampak pandemi Covid-19 juga memperlihatkan, di mana setiap satu dari dua responden mengaku menunda rencana pembelian properti pada masa pandemi.

Ia menjelaskan, dari 1.078 responden survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021, sebanyak 66 persen menyediakan dana kurang dari Rp 500 juta untuk membeli properti.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Sputnik V Sukses, Menteri Urusan Ekonomi Jerman Ucapkan Selamat Kepada Rusia

Data ini sejalan dengan tren suplai properti, di mana peningkatan suplai lebih banyak terjadi di wilayah-wilayah pinggiran kota besar, yang masih menyediakan lahan dengan harga yang lebih terjangkau.

Sebanyak 57 persen responden mengatakan kedekatan lokasi perumahan dengan sarana transportasi umum seperti stasiun, terminal, atau halte bus menjadi faktor eksternal utama dalam membeli properti.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved