Breaking News:

Penanganan Covid

Pelni Berharap GeNose C19 Dapat Segera Diterapkan untuk Penumpang Kapal

GeNose C19 telah digunakan pada sektor transportasi perkeretaapian sebagai syarat melakukan perjalanan, dengan biaya tes seharga Rp 20 ribu.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau kegiatan padat karya di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021). Kunjungannya ke Stasiun Bandung, Budi Karya Sumadi meninjau calon penumpang kereta api menjalani layanan deteksi Covid-19 dengan metode GeNose C19 dan meninjau program padat karya membersihkan rumput dan mengecat area sepanjang rel kereta api. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero), mendukung penerapan alat tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan dengan kapal laut.

Pejabat Sementara Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik menyebutkan, pihaknya sangat mendukung kebijakan penerapan GeNose C19 untuk calon penumpang kapal Pelni.

Menurutnya, layanan GeNose C19 di pelabuhan untuk calon penumpang kapal ini diharapkan dapat segera diimplementasi.

"Hal ini karena tes menggunakan GeNose C19 ini lebih efektif, dan tentunya dapat meringankan biaya saat akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut," kata Opik dalam keterangannya, Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Biaya Tes GeNose untuk Calon Penumpang di Bandara Dijanjikan Tak Mahal

Baca juga: Usai Jajal GeNose C-19, Pelni Pastikan Protokol Kesehatan Tetap Prioritas

Selain itu Opik juga mengajak seluruh pihak terkait, termasuk Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mendorong penerapan kebijakan GeNose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan kapal Pelni.

GeNose C19 sendiri telah digunakan pada sektor transportasi perkeretaapian sebagai syarat melakukan perjalanan, dengan biaya tes seharga Rp 20 ribu.

Kemudian Kementerian Perhubungan juga akan mengimplementasikan GeNose C19 ini pada sektor transportasi udara pada 1 April 2021 mendatang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, layanan ini tidak hanya di transportasi udara saja tetapi akan mulai diterapkan di pelabuhan untuk transportasi laut.

"Untuk transportasi laut, akan kita terapkan pada akhir pekan ini di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tes menggunakan GeNose C19 ini akan dilakukan secara acak atau random," kata Budi Karya mengutip dari akun resmi Instagram Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kamis (25/2/2021).

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved