Breaking News:

Menkop Teten: Beli Produk Lokal Lebih Keren Dibandingkan Produk Asing

Teten menilai produk dalam negeri sudah tidak kalah lagi dibandingkan produk luar negeri yang secara harga jauh lebih mahal.

dok. KemenkopUKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berupaya membangun kesadaran masyarakat membeli produk karya bangsa terutama buatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Teten menilai produk dalam negeri sudah tidak kalah lagi dibandingkan produk luar negeri yang secara harga jauh lebih mahal.

"Kita harus ada kesadaran bahwa membeli produk sendiri (lokal) lebih keren dibandingkan produk asing," katanya saat audiensi dengan Tribun Network, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Menteri Teten: Presiden Ingin Masyarakat Indonesia Berpihak pada Produk Lokal

Menkop mencontohnya brand kopi Indonesia saat ini sudah semakin diminati.

Dia mengamati bahwa generasi z (generasi yang lahir di rentan 2010-an) memilih kopi susu dibandingkan cappucino resep dari Italia.

"Di kopi saja sekarang brand kita lebih enak. Cappucino sekarang kalah dengan kopi susu. Ini kan gerakan perlawanan. Anak-anak gen z tidak mau membeli cappucino lagi. Itu kan soal mindset yang perlu kita ubah," kata Menkop.

Pada segmen lain, misalnya sepatu lokal, juga sudah mulai dicintai anak-anak muda bangsa.

Baca juga: Menteri Teten Usul Anggaran Program PEN untuk UMKM Rp 29,21 Triliun

Teten menjelaskan, pandangan mereka sekarang sepatu tidak perlu brand besar dan mahal tetapi keren sesuai zaman serta harganya terjangkau.

"Sepatu juga sekarang sudah begitu, anak muda gen z nggak mau lagi beli sepatu yang branded. Mereka gak mau. Rata-rata cari produk Bandung, sepatunya unik dan kantong mereka tidak habis dalam," tukasnya.

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved