Breaking News:

Pasarkan 10 Ton Produk Lokal, Goorita Targetkan 5.000 UMKM Rambah Market Global

Goorita merupakan platform one stop solution UMKM Indonesia untuk go international.

ist
Yuwono Wicaksono, founder Goorita. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai salah satu sektor penting penunjang perekonomian Negara, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sudah tentu menjadi sektor prioritas yang perlu dikembangkan.

Sejalan dengan program pemerintah dan arahan Presiden Jokowi terkait pengembangan UMKM, Goorita memberikan solusi yang dapat memudahkan UMKM untuk merambah pasar internasional dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Goorita merupakan platform one stop solution UMKM Indonesia untuk go international. Kami menjembatani permasalahan yang sering dihadapi oleh para UMKM dalam melakukan ekspor produk lokal ke mancanegara, diantaranya proses pemasaran hingga pengiriman barang ke luar negeri,” ungkap Yuwono Wicaksono, founder Goorita dalam keterangannya, Jumat (5/3/2021).

Terkait latar belakang, Yuwono mengungkapkan bahwa dirinya melihat produk Indonesia memiliki peluang dan market yang potensial di pasar global, khususnya Amerika dan Eropa.

Baca juga: UU Cipta Kerja Wajibkan K/L Belanja Produk UMKM 40 Persen dari Pagu

Selain itu, juga masih minimnya pemahaman ekspor menjadi kendala sebagian besar pelaku UMKM di tanah air untuk memasarkan produk ke pasar global.

Dia mengatakan, Goorita hadir untuk membantu UMKM Tanah Air mulai dari pemasaran hingga pengiriman produk sampai tujuan melalui tiga layanan yakni marketplace, fullfillment dan logistics.

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dilanjutkan Maret 2021, Ini Syarat dan Cara Mendapatkan BPUM

Selain aspek pemasaran online, Goorita juga membantu pemasaran produk secara offline yang dipasarkan toko offline store setempat dan komunitas WNI di berbagai negara.

“Kami juga membantu memasarkan produk Anda secara offline baik offline store juga komunitas diaspora diberbagai negara.

Dengan program 10.000 Indonesian Diaspora for UMKM, kami berharap bisa memberdayakan Diaspora Indonesia yang jumlahnya sangat banyak tersebar di seluruh dunia”

Dia mengaku telah membantu 270 UMKM memasarkan produk mereka ke luar negeri dengan total kiriman mencapai 10 ton. "Tahun ini kami menargetkan sebanyak 5.000 pelaku UMKM bergabung dengan Goorita,” ujarnya.

Keuntungan bagi UMKM bergabung dengan layanan Goorita diantaranya dapat menjangkau ke milyaran pembeli di dunia, kemudahan memasarkan produk secara online melalui marketplace global.

Tarif pengiriman internasional juga diklaim terjangkau, pilihan solusi ekspor yang dapat disesuaikan kebutuhan hingga pembinaan, edukasi dan informasi terkait bisnis ekspor.

Goorita juga memiliki program layanan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM di seluruh Indonesia yang bergabung dan mendaftarakan diri di Goorita.

"Kami mengajak semua pelaku UMKM, para pengusaha, invetor, local brand owners, instansi pemerintah, komunitas UMKM, Diaspora dan seluruh lapisan masyarakat untuk selalu optimis dan bersama-sama memajukan sector UMKM, karena kami yakin bahwa setiap anak bangsa dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa ini," ujarnya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved