Breaking News:

Hari Raya Nyepi

PT Angkasa Pura I Hentikan Sementara Operasional Bandara Ngurah Rai Bali Mulai Jam 06.00 Wita

Hari Raya Nyepi 2021 ini pertama kalinya tidak ada penerbangan berjadwal rute internasional dari dan menuju Bali. Hal ini diakibatkan adanya pandemi.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana airside Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (12/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Minggu (14/3/2021) hari ini, PT Angkasa Pura I (Persero) menghentikan operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menyebutkan, dalam perayaan Hari Raya Nyepi pihaknya menghentikan sementara operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai selama 24 jam.

"Penghentian sementara bandara tersebut, mulai 14 Maret 2021 pukul 06.00 Wita hingga 15 Maret 2021 pukul 06.00 Wita," kata Faik dalam keterangannya, Minggu (14/3/2021.

Ia menjelaskan, bahwa penghentian sementara bandara ini untuk menghormati pelaksanaan ibadah umat Hindu di Bali pada Hari Raya Nyepi tahun 2021.

"Selain itu, penghentian sementara ini juga didasarkan pada Notice to Airmen (NOTAM) Nomor 0357/21 NOTAM dari AirNav," kata Faik.

Dalam NOTAM tersebut, memberikan imbauan kepada maskapai dan bandara di seluruh dunia terkait penghentian sementara operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali selama berlangsungnya Hari Raya Nyepi.

Suasana airside Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dari ruang tunggu terminal domestik.
Suasana airside Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dari ruang tunggu terminal domestik. (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Terkait berhenti sementara bandara I Gusti Ngurah Rai, Faik mengungkapkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait khususnya para penerbangan.

"Kami berkoordinasi dengan maskapai, untuk melakukan penyesuaian dengan tidak menjual tiket penerbangan untuk rute dari dan menuju Bali selama pelaksanaan Nyepi," ujar Faik.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali Ditutup Mulai 14 Maret Selama 24 Jam, 84 Penerbangan Tak Beroperasi

Baca juga: Apa Itu Nyepi? Simak Sejarah Beserta Rangkaian Upacara Hari Raya Nyepi

Menurut Faik, Hari Raya Nyepi 2021 ini pertama kalinya tidak ada penerbangan berjadwal rute internasional dari dan menuju Bali. Hal ini diakibatkan adanya pandemi Covid-19.

"Maskapai di seluruh dunia pun telah mendapatkan informasi, terkait berhenti sementara operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai selama Hari Raya Nyepi," kata Faik.

Meski begitu, Faik mengungkapkan, bahwa seluruh personel Angkasa Pura I tetap stand by untuk melayani penerbangan yang bersifat darurat seperti emergency landing dan medical evacuation.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved