Breaking News:

Ekonom Core: Pembangunan Ibu Kota Baru di Tengah Pandemi Dapat Bangkitkan Ekonomi

Piter Abdullah menyebut, pembangunan infrastruktur yang diinisiasi pemerintah, termasuk Istana Kepresidenan di ibu kota negara sangat dibutuhkan

KEMENKEU
Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah Redjalam 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah akan mulai membangun Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, pada tahun ini.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah menyebut, pembangunan infrastruktur yang diinisiasi pemerintah, termasuk Istana Kepresidenan di ibu kota negara sangat dibutuhkan untuk menggerakan roda ekonomi.

"Di tengah pandemi saat ini, justru pemerintah harus terus menginisiasi berbagai proyek untuk menggerakkan ekonomi," kata Piter saat dihubungi, Rabu (17/3/2021).

Menurut Piter, investasi dari swasta pada saat ini mengalami penurunan yang drastis, akibat masih berlanjutnya pandemi Covid-19 di berbagai daerah.

"Investasi swasta banyak yang tertunda. Kalau pemerintah juga menunda proyek-proyeknya, perekonomian tidak bergerak," ujarnya.

"Ujungnya pertumbuhan ekonomi akan terkontraksi tambah dalam, dan masyarakat akan semakin tertekan," sambungnya.

Piter pun menyakini, jika pemerintah melanjutkan proyek infrastruktur yang telah dicanangkan, maka bisnis perusahaan swasta akan turut bergeliat.

"Tugas pemerintah menjaga agar perekonomian terus berputar, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan income. Ketika pemerintah melanjutkan proyek ini, swasta pasti akan ikut di dalamnya," papar Piter.

Bappenas: Pembangunan Istana Kepresiden di Ibu Kota Baru Dimulai Tahun Ini

Halaman
123
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved