Breaking News:

Sobat Belanja

Tren Belanja Online Meningkat, Apa Saja Produk yang Laris Dibeli Masyarakat?

Kemudahan yang ditawarkan oleh sistem belanja online menjadi solusi masyarakat untuk tetap memenuhi kebutuhannya di tengah pandemi

BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi belanja online. 

TRIBUNNEWS.COM - Kemudahan yang ditawarkan oleh sistem belanja online menjadi solusi masyarakat untuk tetap memenuhi kebutuhannya di tengah pembatasan aktivitas selama pandemi.

Hal ini menyebabkan adanya perubahan dan adaptasi pola belanja masyarakat dari secara offline ke online. Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat peningkatan aktivitas belanja online naik hingga 400 persen sejak pandemi Covid-19 terjadi pada Maret 2020.

Dari sekian produk yang dijual online, berikut beberapa kategori barang yang laris dibeli masyarakat sepanjang tahun 2020.  

Produk fashion dan kecantikan

Karena tak sedikit gerai ritel fashion di mal yang sempat harus tutup, masyarakat memilih untuk memenuhi kebutuhan fashion mereka dengan membelinya secara online di melalui platform e-commerce maupun marketplace.

Selain itu, kebijakan pembatasan sosial juga membuat masyarakat lebih menghabiskan banyak waktu di rumah. Ini membuat mereka lebih memiliki banyak waktu untuk merawat kulit, badan, dan rambut sebagai pengganti perawatan di pusat kecantikan, sehingga produk kosmetik pun lebih laris terjual.

Perlengkapan rumah tangga

Ilustrasi perlengkapan rumah.
Ilustrasi perlengkapan rumah. (Shutterstock)

Meningkatnya permintaan masyarakat akan produk perlengkapan rumah tangga turut didorong oleh kebutuhan untuk menciptakan tempat tinggal yang lebih nyaman, bersih, dan aman selama melakukan pembatasan sosial di rumah.

Beberapa peralatan rumah tangga yang laris dibeli masyarakat di antaranya produk kebersihan rumah, peralatan dapur, hingga furnitur yang dapat menunjang aktivitas penting di rumah seperti WFH atau sekolah jarak jauh.

Produk elektronik dan aksesoris gadget

Perubahan aktivitas masyarakat yang menjadi serba online selama pandemi membuat produk elektronik menjadi salah satu kategori produk yang juga sering dibeli masyarakat.

Meningkatnya penjualan produk elektronik dan juga aksesoris gadget ini dibutuhkan untuk menunjang aktivitas masyarakat yang kini banyak dilakukan secara virtual dapat berlangsung lebih optimal.

Hobi dan hiburan

Ilustrasi berkebun di rumah.
Ilustrasi berkebun di rumah. (Shutterstock)

Banyaknya waktu luang di rumah membuat orang mulai mencari aktivitas atau hobi baru. Hal ini membuat permintaan produk hobi dan hiburan turut laris dibeli masyarakat saat belanja online.

Terlebih seiring dengan tren hobi yang menjamur di masyarakat. Berbagai barang untuk menunjang hobi seperti alat melukis, perlengkapan bercocok tanam, hingga yang berkaitan dengan olahraga seperti sepeda pun laris dibeli masyarakat.

Seiring dengan peningkatan transaksi belanja online, pembayaran secara nontunai (cashless transaction) juga meningkat, misalnya melalui produk perbankan digital, dompet digital, hingga produk pembiayaan digital.

Yang terpenting, masyarakat harus memilih jasa finansial yang aman dan tepercaya untuk berbelanja online. Jangan sampai, produk jasa keuangan yang dipilih ilegal dan justru akan menyulitkan pengguna di kemudian hari.

Salah satu perusahaan pembiayaan yang terpercaya yang bisa Anda pilih sebagai teman belanja online dan offline yang aman, tepercaya dan fleksibel ialah Home Credit Indonesia.

Perusahaan pembiayaan multiguna yang berbasis teknologi ini tak hanya memberikan layanan pembiayaan untuk berbelanja online maupun offline, tetapi juga menghadirkan beberapa produk layanan dan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat sehingga sangat cocok menjadi #SobatBelanja.

Adapun, salah satu layanan utama yang dimiliki Home Credit Indonesia saat ini adalah aplikasi My Home Credit, yang tentunya bisa diakses dengan mudah melalui smartphone Anda. Selain untuk membayar tagihan dan cicilan, lewat aplikasi My Home Credit, Anda bisa mengatur jadwal pembayaran, mengecek status pengajuan dan kontrak, dapatkan promo dan reward menarik hingga mengikuti beraneka kuis dan mission seru. Semua bisa didapatkan melalui aplikasi My Home Credit.

Layanan lainnya yang juga menjadi layanan utama Home Credit adalah pembiayaan untuk pembelian barang di toko. Layanan ini bisa menjangkau seluruh pelanggannya, dari yang baru mulai bekerja, young professional, hingga keluarga kecil yang baru menikah. Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk  pembiayaan smartphone, barang elektronik, furniture, dan sebagainya.

Adapun, sebelum datang ke toko, pelanggan bisa mengecek terlebih dahulu nilai limit pembiayaan yang bisa mereka dapatkan. Limit ini bisa dengan mudah dicek oleh pelanggan dan diajukan langsung lewat aplikasi My Home Credit, atau dengan scan QR code yang ada di toko. Pelanggan Home Credit bisa mendapatkan limit kredit untuk pembiayaan hingga Rp20 juta dengan DP mulai dari 0% yang bisa mereka gunakan untuk mengajukan barang impian mereka di toko.

Kemudian, selain layanan pembiayaan untuk pembelian barang di toko, Home Credit juga memiliki sejumlah layanan berbasis digital. Salah satunya adalah layanan co-branding kerjasama dengan penyelenggara e-money bertajuk Home Credit Pay yang bisa Anda gunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Anda dapat menggunakan Home Credit Pay sebagai metode pembayaran dan pembelian, mulai dari bayar iuran BPJS, tagihan sehari-hari seperti listrik dan air, pulsa prabayar, kartu pascabayar, hingga paket data.

Bukan hanya itu, dengan Home Credit Pay pelanggan pun dapat lebih mudah melakukan transaksi tanpa sentuh dengan hanya dengan scan kode QRIS yang telah tersedia di toko-toko. Pengguna dapat mengisi saldo Home Credit Pay melalui ATM, mobile banking, atau minimarket terdekat.

Selain itu, Home Credit juga memiliki layanan pembiayaan nontunai lainnya seperti Home Credit Card yang memiliki banyak promo dan diskon eksklusif untuk makan-makan dan jalan-jalan bersama keluarga di sejumlah merchant yang bekerja sama dengan Visa.

Ada berbagai keuntungan menggunakan Home Credit Card. Misalnya, pengguna bisa mendapat cashback menarik setiap bulan untuk transaksi Home Credit Card di supermarket, minimarket dan transaksi online. Tak kalah menarik, ada pula penawaran cicilan hingga 36 bulan, salah satunya melalui program BRILIAN.

Selanjutnya, Home Credit juga memiliki layanan pembiayaan paylater Home Credit BayarNanti yang bisa dimanfaatkan untuk belanja bulanan tak terduga dan cukup membayar dengan angsuran bulanan dengan memilih tenor cicilan yang ditawarkan, mulai dari 1 bulan hingga 9 bulan.

Pengajuan untuk menggunakan Home Credit BayarNanti relatif mudah dan persetujuan limit dilakukan dalam dalam waktu kurang lebih 3 menit setelah melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan. Pengguna dapat mengajukan produk Home Credit BayarNanti di toko ritel secara online tanpa harus mengisi banyak data.

Terakhir, untuk memproteksi diri pelanggan kesayangannya, terutama di masa pandemi ini Home Credit pun memiliki layanan asuransi yang mencakup proteksi untuk kesehatan, rumah, Proteksi Handphone, Gadget, Laptop hingga kartu kredit. Salah satunya produk asuransi yang dimiliki Home Credit adalah MyLifeCOVER, yang merupakan perlindungan jiwa yang secara otomatis melindungi Anda dan pasangan sah demi jalani hidup maksimal tanpa perlu khawatir akan risiko tak terduga yang dalam 1 tahun penuh.

Nah, dengan berbagai layanan transaksi di atas, Home Credit tentunya sangat memudahkan segala kebutuhan berbelanja Anda dengan nyaman dan aman. Yuk, pilih #SobatBelanja yang dapat membuat aktivitas belanja online lebih aman dan nyaman!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved