Breaking News:

Peran Vital Kemendag Dukung Kelancaran Distribusi Hasil Produk Kendal

Wamendag Jerry Sambuaga mengaku diminta Bupati Kendal Dico Ganinduto untuk ikut bantu perekonomian Kendal yang tengah bangkit.

TRIBUNNEWS/REYNAS ABDILA
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wamendag Jerry Sambuaga mengaku diminta Bupati Kendal Dico Ganinduto untuk ikut bantu perekonomian Kendal yang tengah bangkit.

Menurutnya, peran Kemendag sangat vital dalam mendukung kelancaran distribusi hasil produk Kendal maupun dalam menunjang sarana dan prasarana.

Kawasan ekonomi Kendal sendiri terdiri daei tekstil dan busana, makanan dan minuman, elektronik, furniture, dan otomotif.

Baca juga: Wamendag: Perdagangan Sektor Perunggasan Harus Untungkan Masyarakat dan Pelaku Usaha

Menurut Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus RI, KEK Kendal unggul dalam sektor industri berorientasi ekspor, substitusi impor, produk berteknologi tinggi (high tech products/HTP).

Kemendag dapat membantu dalam hal memastikan akses pasar, kelancaran supply bahan baku, pemenuhan standard dan fasilitasi lainnya.

“Ini concern kita bersama. Kita ingin pusat-pusat ekonomi didukung oleh semua stake holders dan kementerian maupun lembaga agar produk-produk Indonesia makin berdaya saing sehingga kesejahteraan masyarakat,” ujar Wamendag, Jumat (19/3/2021).

KEK Kendal Diproyeksikan dapat menarik investasi sebesar Rp72T dan Tenaga Kerja Sebanyak 20.000 tenaga kerja hingga tahun 2025.

Baca juga: Wamendag: Negara Harus Hadir Atasi Problematika Peternak Nasional

Menurut Jerry, perjanjian perdagangan salah satu dari upaya untuk memperluas akses pasar, fasilitasi peningkatan kapasitas dan pengurangan hambatan perdagangan.

Dengan beberapa perjanjian perdagangan yang telah diselesaikan baik secara multilateral maupun bilateral, diharapkan makin banyak pengusaha Indonesia, termasuk yang ada di Kendal bisa memanfaatkan surat keterangan asal (SKA) agar produknya makin kompetitif.

Selain itu, para pengusaha khususnya UMKM diharapkan juga memanfaatkan program-programKemendag punya banyak program pelatihan dan fasilitasi ekspor.

Kemendag juga diharapkan baia membantu dalam pembangunan berbagai sarana, termasuk pasar Weleri yang terbakar baru-baru ini.

Pasalnya, Pasar Weleri sangat dibutuhkan kehadirannya, khususnya pedagang kecil yang memanfaatkannya untuk memasok kebutuhan masyarakat serta memasarkan hasil panen petani, peternak dan perajin Kendal.

“Puji Syukur pembangunan akan segera dimulai. Kita berharap pasar bisa segera selesai mengingat perputaran ekonomi di Pasar Weleri ini sangat besar,” pungkas Jerry.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved