Breaking News:

Diresmikan Jokowi, JBM Menjelma Jadi Pabrik Gula Lokal Terbesar di Asia Tenggara

Pabrik gula yang diresmikan Presiden Jokowi bulan Oktober 2020 lalu ini dikelola PT Johnlin Batu Mandiri (JBM) berlokasi di Bombana, Sulawesi Tenggara

dok. JBM
Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik gula PT Johnlin Batu Mandiri (JBM) berlokasi di Bombana, Sulawesi Tenggara, Oktober 2020. Pabrik gula ini memiliki kapasitas produksi 12.000 TCD per tahun ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia kini memiliki pabrik gula dengan teknologi canggih dengan kapasitas produksi sangat besar mencapai 12.000 TCD per tahun ini.

Pabrik gula yang diresmikan Presiden Jokowi bulan Oktober 2020 lalu ini dikelola PT Johnlin Batu Mandiri (JBM) berlokasi di Bombana, Sulawesi Tenggara, milik pengusaha lokal Andi Syamsuddin Arsyad atau karib disapa Haji Isam, yang diresmikan Jokowi bulan Oktober 2021 lalu.

"Pabrik gula ini menjadi salah satu kebanggaan Indonesia merupakan pabrik gula pertama milik asli pribumi dengan kapasitas 12.000 TCD," ungkap CEO PT JBM Ghimoyo, Senin (22/3/2021).

Dia menjelaskan, pabrik gula ini mampu menghasilkan produk dengan Incumsa di bawah 100 UI dan total Losis di bawah 1.8 pol gula.

Dengan kapasitas produksi sebesar itu, pabrik gula ini akan bisa memenuhi kouta gula Indonesia bagian timur dengan harga di bawah HET sehingga masyarakat mampu menikmati harga gula yang wajar.

Baca juga: Outlook Perikanan 2021, KKP Fokus Tingkatkan Ekspor Komoditas Unggulan Udang

Ghimoyo menerangkan, pabrik gula JBM ke depan akan mampu mengangkat harkat dan kesejahteraan warga serta menciptakan lapangan kerja di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK.

Baca juga: Sarang Burung Walet Asal Indonesia Kuasai Pasar China, Ekspor 2020 Tembus Rp 5,9 Triliun

Di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK, JBM mampu terus memberi sumbangsih bagi ekonomi Indonesia dan mampu mempekerjakan warga lokal.

"Pabrik gula ini juga mampu memyerap tenaga kerja langsung dan tidak langsung sebanyak kurang lebih 50.000 orang," jelas Ghimoyo.

Tidak mengherankan bila Presiden Jokowi sewaktu meresmikan pabrik gula ini mengapresiasi apa yang telah dilakukan untuk pencapaian kemandirian bangsa ke depan.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved