Breaking News:

Presiden Ingatkan Para Bupati, Jangan Suka Ngecer Anggaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para bupati untuk tidak mengecer anggaran.

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para bupati untuk tidak mengecer anggaran. Artinya anggaran dalam APBD tidak disalurkan ke seluruh pos belanja tanpa adanya skala prioritas.

"Anggaran itu terbatas, APBN juga terbatas, APBD juga terbatas ini, jangan di ecer ecer,  jangan dibagi rata. saya ingatkan bolak-balik ini jangan dibagi rata, jangan di ecer-ecer untuk semua unit organisasi yang ada di kabupaten Bapak Ibu sekalian," kata Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2021 di  Istana Negara Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Menurut Jokowi, apabila anggaran diecer, maka tidak akan terlihat hasilnya. Bahkan kata Presiden selama lima tahun menjabat tidak akan tampak wujud hasil dari anggaran tersebut. Sehingga, tidak dipilih lagi oleh rakyat pada Pilkada selanjutnya.

Baca juga: Jokowi Ajari Bupati Cara Kelola Anggaran, Semuanya Harus Dikalkulasi, Harus Dihitung. . .

"Sekali lagi jangan anggaran itu ecer-ecer jangan disebar di seluruh pos belanja, engga akan jadi, setahun hilang, dua tahun hilang, loh kok engga kelihatan, kok engga keliatan , tahu-tahu sudah 5 tahun, engga kepilih.  karena nggak, ini bupati ini kok sudah 5 tahun engga keliatan, engga bangun apa-apa, ya karena pos belanjanya di ecer-ecer di semua pos belanja," katanya.

Para bupati, kata Presiden harus mengkonsolidasikan anggaran. Membuat dua program prioritas yang dibiayai secara penuh.

Program tersebut harus berdampak langsung pada masyarakat. Dengan demikian kata Presiden selama lima tahun menjabat akan ada dampak yang diberikan dan hasil yang nyata dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga: Besar Pasak daripada Tiang, INDEF Sebut Utang BUMN Jauh Lebih Besar dari Labanya

"Kalau bapak ibu Bupati mau memberikan skala prioritas seperti itu akan terlihat. (misalnya) saya mau suruh Kabupaten jalan mulus, semuanya, ya sudah 60 persen anggaran arahkan ke sana,  kampung-kampung, desa-desa semuanya diberi. 5 tahun rampung, yakin rampung," pungkas Presiden.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved