Breaking News:

Kebakaran di Kilang Minyak Balongan

Kilang Balongan Terbakar, Bandara Soekarno Hatta Suplai Avtur ke Halim dan Husein Sastra Negara

Pertamina melakukan skema darurat suplai avtur dari Bandara Soekarno Hatta ke 2 bandara lain, yakni Bandara Halim Perdanakusuma dan Husein Sastranega

PT. Pertamina (Persero)
Ilustrasi - Aktivitas pengisian bahan bakar avtur Pertamina di bandara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melakukan skema darurat suplai avtur dari Bandara Soekarno Hatta ke dua bandara lain, yakni Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur dan Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Hal ini merupakan dampak dari kebakaran tangki Kilang Balongan atau Refinery Unit (RU) VI Balongan di Indramayu Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari WIB, yang menyebabkan kehilangan produksi sekitar 400 ribu barel yang tidak bisa disuplai dari kilang ini.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga sekaligus Direktur Commercial and Trading Pertamina Mas'ud Khamid memastikan bahwa stok avtur di Bandara Soetta saat ini dalam keadaan sangat cukup karena permintaan konsumsi belum tinggi.

"Bandara Husein dan Halim yang biasa mendapat suplai dari Balongan, kami akan konsolidasi suplai dari Bandara Soekarno-Hatta. Stok sangat cukup karena kebutuhan tidak begitu besar," ucap Mas'ud saat konferensi pers daring, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Perkiraan Kurs Rupiah Jika Harus Impor BBM, Pertamina Kehilangan 400 Ribu Barel BBM

Pihaknya tidak menjelaskan detail kuota avtur yang akan dialihkan dari Bandara Soetta.

Kilang Balongan sendiri juga menyuplai kebutuhan avtur untuk Bandar Udara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah. Namun, untuk pengalihan suplai sementara akan melalui Terminal BBM Pertamina Rewulu di Yogyakarta.

Baca juga: Sebelum Kilang Balongan Meledak, Warga Datangi Pertamina Minta Susu dan Cek Kesehatan

Pertamina pun sudah meminta Kilang Cilacap agar membantu pasokan avtur bagi tiga bandara lainnya yakni Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Bandar Udara Internasional Adisutjipto, dan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA/Yogyakarta International Airport).

"Kita minta dari Kilang Cilacap untuk Bandara Adi Soemarmo, Adisutjipto, dan Bandara Internasional Yogyakarta," imbuhnya.

Dua kilang

Diketahui, Senin (29/3/2021) dini hari kebakaran hebat terjadi di Refinery Unit (RU) VI Balongan Pertamina di Indramayu Jawa Barat.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved